Menteri Sandiaga Datangi Spot Pemandangan Uang Pecahan Kertas Seribu Edisi Lama
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi spot pemandangan yang sama persis dengan uang pecahan kertas Rp1.000 edisi tahun 2000 di Pulau Maitara, Maluku Utara.

Menurut dia, Pulau Maitara menjadi salah satu daya tarik wisata terkuat bagi Kota Ternate di Maluku Utara.

“Kota Ternate memiliki bentang keindahan alam menakjubkan. Hal ini pula yang menjadikan lanskap Pulau Maitara yang terletak di antara Pulau Kota Ternate dan Pulau Kota Tidore, Provinsi Maluku Utara diabadikan di pecahan uang kertas Rp1.000 edisi lama,” kata Sandiaga dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu 26 November dilansir Antara.

Pada spot titik Menparekraf berada, tepatnya di Danau Ngade, Kelurahan Fitu, terlihat latar depan sebuah danau yang tidak ada di pecahan uang tersebut.

“Namun ada yang lebih spesialnya. Di titik ini kita bisa melihat Pulau Maitara persis seperti pecahan uang kertas Rp1.000, ditambah dengan danau laguna di depannya,” ujarnya.

Sandiaga menceritakan awal mula adanya destinasi dan spot foto di Danau Ngade. Pada mulanya, lahan di destinasi wisata tersebut milik warga bernama Pak Ajid dan Ibu Rusdian. Kemudian banyak warga melihat potensi wisata di dalamnya, seperti melakukan pemotretan prewedding, sehingga tempat itu menjadi destinasi wisata penuh inovasi.

Untuk mencapai Danau Ngade, wisatawan bisa menempuh perjalanan dari Kota Ternate menuju Danau Ngade sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 30 sampai 45 menit menggunakan kendaraan roda dua atau mobil.

Wisatawan hanya membayar uang parkir sebesar Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10 ribu untuk kendaraan roda empat.

“Kami akan dorong ini bersama Pak Walikota, kita kembangkan Ternate, Maluku Utara, sebagai provinsi terbahagia di Indonesia, terendah inflasi, terendah pengangguran, dan tertinggi pertumbuhan ekonominya. Kita akan pastikan untuk mampu menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 juta Lapangan kerja baru pada tahun 2024,” ungkap Sandiaga.