Bagikan:

JAKARTA - Presiden Tsai Ing-wen pada Hari Rabu menyerukan peningkatan persahabatan Taiwan dengan Jepang, saat ia menerima Akie Abe, janda mantan PM Jepang Shinzo Abe di Taipei.

Presiden Tsai dalam kesempatan tersebut mengungkapkan apresiasi negaranya atas sikap dukungan mendiang PM Abe, termasuk pernyataannya "keadaan darurat apa pun yang melingkupi Taiwan akan menjadi keadaan darurat bagi Jepang."

Dengan mengungkapkan pandangan seperti itu, pemimpin Jepang yang paling lama menjabat tersebut "mengadopsi posisi yang lebih mementingkan Taiwan," kata Presiden Tsai, dikutip dari Kyodo News 20 Juli.

Presiden Tsai mengatakan, pihaknya dapat merasakan perasaan tulus mendiang Shinzo Abe terhadap Taiwan.

"Saya percaya bahwa apa yang telah dilakukan oleh mantan Perdana Menteri Abe untuk hubungan Taiwan-Jepang akan diwariskan oleh Akie, pemerintah dan rakyat Taiwan dan Jepang. Kerja sama Taiwan-Jepang akan membawa lebih banyak hasil," cuit Presiden Tsai di Twitter.

Akie Abe diketahui melakukan kunjungan selama empat hari ke Taiwan hingga Kamis ini. Ia mengatakan jiwa suaminya telah hadir selama kunjungan, membuatnya merasakan rasa persahabatan yang mendalam antara Taiwan dan Jepang.

"Mantan Perdana Menteri Abe selalu memikirkan apa yang bisa dia lakukan untuk Taiwan," kata Akie.

Sebelumnya Akie Abe pada Hari Rabu mengunjungi pemakaman militer di New Taipei untuk memberikan penghormatan kepada mantan Presiden Taiwan Lee Teng-hui (1923-2020), yang memiliki kedekatan dengan Jepang, seperti yang diinginkan oleh mendiang Shinzo Abe.