PM Jepang hingga Warga Berbaris Melepas Abe ke Tempat Peristirahatan Terakhir, China Protes Kehadiran Wakil Presiden Taiwan
Suasana di luar Kuil Zojoji tempat pemakaman Shinzo Abe digelar. (Tangkapan layar YouTube/Zabby)

Bagikan:

JAKARTA - Dengan doa, bunga dan bendera terbungkus pita hitam, Jepang pada Selasa mengucapkan selamat tinggal kepada Shinzo Abe, perdana menteri terlama yang pernah memerintah di negara itu, setelah pekan lalu ditembak mati saat berkampanye di Kota Nara.

Kerumunan memadati trotoar yang dipenuhi polisi saat mobil jenazah yang membawa jasad Abe, yang meninggal pada usia 67 tahun, berangkat dari kuil pusat Tokyo dengan prosesi melintasi kota.

Dengan hampir selusin helikopter berputar-putar di atas kepala, orang-orang membungkuk dalam-dalam, tangan mereka tergenggam dalam doa, saat mobil jenazah lewat dalam prosesi yang disiarkan langsung oleh penyiar NHK. Yang lain bertepuk tangan, bersorak atau melambai.

"Terima kasih banyak atas pekerjaan Anda untuk negara kami," teriak seorang pria berulang kali, melansir Reuters 12 Juli.

Ratusan orang telah masuk ke kuil tempat pemakaman Abe diadakan pada Senin malam dan Selasa pagi, sebelum upacara pribadi, untuk memberi penghormatan.

Prosesi pemakaman melewati jantung politik ibukota Nagatacho, di mana ratusan orang berbaris di depan gedung parlemen Abe pertama kali masuk sebagai anggota parlemen muda pada tahun 1993, setelah kematian ayah politisinya.

Perdana Menteri Fumio Kishida dan sekelompok menteri kabinet menunggu dengan tenang di depan kantor tempat Abe, perdana menteri termuda Jepang ketika dia pertama kali menjabat, memimpin negara itu selama dua masa, terlama dari 2012 hingga 2020, ketika dia mengundurkan diri karena masalah kesehatan.

Saat mobil jenazah perlahan lewat, Kishida menundukkan kepalanya, satu set manik-manik rosario Buddha di sekitar tangannya yang tergenggam. sementara, istri Abe, Akie, membungkuk ke belakang dari kursi depan mobil jenazah.

Sejak pagi hari, antrean panjang orang berpakaian hitam, bercampur dengan orang lain dalam pakaian informal dengan ransel, terbentuk di luar kuil di udara musim panas yang gerah.

Keiko Noumi, seorang guru berusia 58 tahun, adalah salah satu dari banyak orang yang datang untuk berdoa dan memberikan bunga kepada foto besar Abe yang dipasang di dalam pekarangan kuil yang memperlihatkan dia mengenakan kemeja putih sederhana, tertawa dengan tangan di pinggul.

"Ada rasa aman ketika dia menjadi perdana menteri yang bertanggung jawab atas negara. Saya sangat mendukungnya, jadi ini sangat disayangkan," ujarnya.

Yang lain mengantri di depan markas Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa untuk membuat persembahan di kuil darurat yang akan berdiri sampai Jumat. Staf pesta keluar untuk menawarkan teh jelai dingin kepada pelayat yang berkeringat di udara yang gerah.

Penghormatan telah mengalir dari para pemimpin internasional, dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melakukan pemberhentian singkat dalam perjalanan ke Amerika Serikat dari Asia Tenggara pada Senin pagi untuk memberikan penghormatan. Menteri Keuangan AS Janet Yellen dan Wakil Presiden Taiwan William Lai, dalam kunjungan pribadi sebagai teman keluarga, juga bergabung dengan para pelayat.

Hampir 2.000 pesan belasungkawa datang dari negara-negara di seluruh dunia, kata kantor berita Kyodo.

Terpisah, Kementerian Luar Negeri China mengatakan pada Hari Selasa, kedutaan besarnya di Jepang telah mengajukan 'pernyataan tegas' kepada Tokyo, terkait kehadiran Wakil Presiden Taiwan William Lai dalam pemakaman mantan perdana menteri Jepang Shinzo Abe.

Lai mengunjungi Jepang dalam apa yang digambarkan oleh seorang pejabat Jepang sebagai kunjungan pribadi untuk memberi penghormatan sebagai teman Abe, sebuah langkah yang selalu mungkin membuat marah Beijing yang menganggap Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri tanpa hak atas perangkap negara. Baca selengkapnya

Juru bicara kementerian Wang Wenbin, berbicara pada konferensi pers reguler di Beijing, mengatakan Taiwan adalah bagian dari China dan "tidak memiliki apa yang disebut wakil presiden".

"Setelah pembunuhan mantan Perdana Menteri Jepang Abe, pihak berwenang Taiwan menggunakan kesempatan itu untuk terlibat dalam manipulasi politik. Tidak mungkin rencana seperti ini akan berhasil," kritik Wang.