Jokowi Bentuk Tim 7, Hary Tanoe Sebut Itu Bukti Dukungan Pemenangan Ganjar
Sekjen PDIP Hasto dan Hary Tanoe (Foto: DOK VOI/Diah Ayu)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo menilai pembentukan Tim 7 untuk pemenangan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 oleh Presiden Joko Widodo menjadi bukti dukungannya.

Meskipun, saat ini muncul anggapan bahwa Jokowi juga disebut mendukung Prabowo Subianto karena mengangkat relawannya, Budi Arie Setiadi sebagai Menkominfo yang baru. Budi Arie diketahui telah menyatakan dukungannya kepada Prabowo.

Begitu juga dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Jokowi yang kini menjadi juru kampanye Ganjar. Hal ini menambah penegasan Jokowi mendukung Ganjar.

Hal ini diungkapkan Hary Tanoe dalam acara pelatihan juru kampanye (jurkam) pemenangan Ganjar yang diikuti oleh 300 orang dari kader PDIP, Perindo, Hanura, PPP, dan relawan.

"Yang jelas itu satu indikasi yang baik. Pak Jokowi ikut menururnkan timnya menurunkan pembekalan dan itu menunjukkan Pak Jokowi mendukung Pak Ganjar. Apalagi, Mas Gibran juga akan ikut berkampanye untuk Pak Ganjar," kata Hary Tanoe di Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Juli.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan bahwa tujuh orang yang membantu pemenangan Ganjar ini muncul dari pertemuannya bersama Jokowi saat Rakernas PDIP beberapa waktu lalu. Saat itu, mereka membahas strategi pemenangan Ganjar dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Pada tanggal 22 Juni saya memang menghadap beliau Pak Presiden Jokowi di dalam rakernas PDIP kan menyampaikan beberapa aspek-aspek strategi dan kemudian setelah saya berkonsultasi sama beliau, beliau menyarankan bagaimana grand strategi dalam komunikasi ini dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya," ujar Hasto.

Hasto belum membeberkan siapa saja nama yang tergabung dalam Tim 7. Ia hanya menegaskan beberapa di antaranya menjadi pembicara dalam kegiatan pelatihan juru kampanye Ganjar yang digelar pada Senin, 17 Juli dan Selasa, 18 Juli 2023.

Namun, informasinya, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Ketua Umum KADIN Arsjad Rasyid turut menjadi pembicara pada acara ini.

Yang jelas, menurut Hasto, Tim 7 sudah mulai bekerja dalam menyusun yang komprehensif untuk pemenangan Ganjar.

"Ini menunjukkan bahwa mereka-mereka yang akan bergabung di dalam tim kampanye pemenangan Pak Ganjar adalah orang-orang yang qualified, orang-orang yang memiliki leadership, pengalaman yang luas, dan kemudian menjadi energi positif bagi pemenangan Pak Ganjar," beber Hasto.