JAKARTA - Predator seukuran harimau bergerak ribuan kilometer melintasi benua sekitar waktu peristiwa kepunahan massal lebih dari 250 juta tahun yang lalu, ungkap fosil dari Afrika Selatan.

Penemuan menunjukkan hewan bertaring tajam, yang disebut Inostrancevia, bermigrasi 11.000 km melalui benua super Pangea dari Rusia saat ini ke tempat yang sekarang menjadi Afrika Selatan, mengisi celah setelah predator lain di sana punah.

Inostrancevia melakukan perjalanan panjangnya pada saat banyak spesies menghilang, karena dunia menghadapi perubahan iklim yang dahsyat yang disebabkan oleh letusan gunung berapi yang besar.

Para ilmuwan mengatakan, kepunahan yang terjadi pada saat itu mencerminkan peristiwa masa kini, karena spesies berjuang untuk bertahan hidup di tengah hilangnya habitat dan perubahan iklim.

Sekitar 90 persen spesies punah dalam "Kematian Besar" 252 juta tahun lalu di akhir periode geologis Permian, salah satu dari lima kepunahan massal dalam catatan fosil.

Dalam komentar yang dikeluarkan oleh American Association for the Advancement of Science, Dr. Pia Viglietti dari Field Museum di Chicago dan salah satu penulis studi baru 'Inostrancevia in Current Biology' mengatakan, semua predator teratas di Afrika Selatan punah jauh sebelum akhir Permian.

"Kami mengetahui bahwa kekosongan di ceruk ini ditempati, untuk waktu yang singkat, oleh Inostrancevia," jelasnya seperti dilansir dari The National News 1o Juli.

Kepunahan yang membentuk Great Dying diperkirakan telah terjadi selama satu juta tahun.

Sampai penemuan baru-baru ini, Inostrancevia hanya ditemukan di Rusia. Tetapi, pemeriksaan catatan fosil Cekungan Karoo di Afrika Selatan oleh Christian Kammerer, dari Museum Ilmu Pengetahuan Alam Carolina Utara, mengidentifikasi dua mamalia predator besar yang tidak biasa di wilayah tersebut.

"Saat kami meninjau rentang dan usia predator puncak lainnya yang biasanya ditemukan di area tersebut. Dengan fosil Inostrancevia ini, kami menemukan sesuatu yang cukup menarik," terang Dr. Viglietti.

"Karnivora lokal benar-benar punah bahkan sebelum kepunahan utama yang kita lihat di Karoo, saat kepunahan dimulai pada hewan lain, mereka sudah pergi," ungkapnya.

Meski demikian, para ilmuwan tidak yakin bagaimana Inostrancevia melakukan perjalanan dari Rusia ke Afrika Selatan atau berapa lama perjalanan itu berlangsung.

Makhluk itu, sejenis gorgonopsian, sekelompok proto-mamalia yang termasuk predator bertaring tajam pertama, memiliki kulit yang mirip dengan gajah atau badak, tampak seperti reptil meskipun berkerabat dengan mamalia masa kini.

Diketahui, periode geologis Permian diikuti oleh Triassic, yang tercatat sebagai kedatangan catatan fosil dinosaurus, yang ada sekitar 165 juta tahun sebelum menghilang selama kepunahan massal lainnya.

Selama periode sekitar dua juta tahun sekitar waktu kepunahan massal Permian-Trias, ada empat kali perubahan di mana hewan menjadi predator puncak, menurut Dr. Kammerer, penulis utama studi baru tersebut. Dia menggambarkan perubahan ini sebagai "belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah kehidupan di darat".

"Ini menggarisbawahi betapa ekstremnya krisis ini, bahkan dengan peran mendasar dalam ekosistem dalam perubahan yang ekstrem," terangnya.

Kerentanan predator puncak pada akhir Permian dicerminkan oleh situasi saat ini, dengan Dr. Kammerer mengatakan karnivora besar menunjukkan "risiko kepunahan tinggi", menjadi salah satu hewan pertama yang menghilang karena perburuan atau perusakan habitat.

"Pikirkan tentang serigala di Eropa atau harimau di Asia, spesies yang cenderung lambat bereproduksi dan tumbuh dan membutuhkan wilayah geografis yang luas untuk berkeliaran dan berburu mangsa, dan yang sekarang tidak ada di sebagian besar rentang sejarah mereka," paparnya.

"Kita harus berharap bahwa predator puncak purba akan memiliki kerentanan yang sama, dan akan menjadi salah satu spesies yang pertama kali punah selama peristiwa kepunahan massal," tandasnya.

Dikatakan, dengan banyaknya spesies, mulai dari predator puncak hingga serangga dan tumbuhan, yang menghilang karena aktivitas manusia, para ilmuwan menilai kita berada di tengah kepunahan massal keenam di dunia.