Pengungsi Banjir di DKI Bakal Jalani Rapid Test Antigen
Ilustrasi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Sabdo Kurnianto menyebut Pemprov DKI akan melakukan pemeriksaan rapid test antigen bagi warga yang akan mengungsi karena banjir.

Kata Sabdo, langkah skrining tes kepada pengungsi banjir di musim hujan selama pandemi dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Di masa pandemi COVID-19, kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Jadi, persoalan rapid antigen ini bagian yang bisa dilakukan dan insyaallah kita siap untuk barangnya sendiri," kata Sabdo saat ditemui di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Januari.

Sabdo menyebut, wali kota tiap kota administrasi akan menyiapkan lokasi pengungsian serta fasilitas rapid test antigen bagi warga yang berada di tempat pengungsian.

Jika hasil tes dinyatakan negatif, maka warga bisa langsung menuju lokasi pengungsian. Sementara, jika ada hasil tes yang dinyatakan positif COVID-19, akan dilanjutkan dengan tes PCR. Kemudian, mereka akan dirujuk di rumah sakit rujukan atau tempat isolasi yang disediakan Pemprov DKI.

"Jika ada yang terkonfirmasi, kemudian lanjut di rumah sakit rujukan. Dengan demikian, maka ini bagian dari pada antisipasi di pengungsian," ucap dia.

BPBD, lanjut Sabdo, juga telah melakukan simulasi penanganan pengungsian banjir di lima titik. "Kita membuat skenario apabila terjadi, itu akan dilakukan, siapa berbuat apa, baik dari pemerintah maupun masyarakat," jelasnya.

Sebagai informasi, BPBD DKI telah memasang tanda dan arah lokasi pengungsian di 267 kelurahan. Sebaran lokasi pengungsian adalah sebagai berikut:

- Jakarta Pusat

Jumlah Bangunan: 183

Kapasitas: 27.393

Perkiraan Pengungsi: 9.593

- Jakarta Barat

Jumlah Bangunan: 414

Kapasitas: 64.919

Perkiraan Pengungsi: 10.637

- Jakarta Selatan

Jumlah Bangunan: 260

Kapasitas: 18.175

Perkiraan Pengungsi: 10.431

- Jakarta Utara

Jumlah Bangunan: 129

Kapasitas: 22.850

Perkiraan Pengungsi: 14.538

- Jakarta Timur

Jumlah Bangunan: 257

Kapasitas: 39.599

Perkiraan Pengungsi: 20.629.