Ridwan Kamil Dianggap Berpotensi Jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024
Gubernur Jabar Ridwan Kamil/FOTO VIA ANTARA/HO Pemprov Jabar

Bagikan:

JAKARTA - Peneliti Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berpotensi menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Dia dinilai punya basis massa, khususnya di Jawa Barat.

"Partai Golkar basisnya agak berbeda dengan basis PDIP dan basis Ganjar. Dari sisi itu sangat potensial untuk kemudian dibangun kerja sama politik," kata Saidiman kepada wartawan, Rabu, 12 Juli.

Tak sampai di situ, Ridwan Kamil juga dianggap punya kesamaan dengan Presiden Joko Widodo. Salah satunya, dia lebih dulu populer karena kinerjanya sebelum bergabung ke Partai Golkar.

Seperti Jokowi, kata Saidiman, Ridwan berasal dari kalangan profesional. "Kekuatan politik RK kan pada kinerjanya. Dia bukan kader partai manapun sebelumnya," tegasnya.

Terakhir, RK juga dianggap punya visi pembangunan seperti Presiden Jokowi. Sehingga, ia dianggap potensial dipasangkan dengan Ganjar karena diyakini mampu melanjutkan kerja pemerintah saat ini.

Saidiman juga menyoroti kemesraan Presiden Jokowi dengan Ridwan Kamil saat kunjungan kerja ke Jawa Barat. Menurutnya, bisa saja terjadi komunikasi politik antarkeduanya.

Apalagi, Jokowi dan Ridwan Kamil sempat satu mobil usai kunjungan ke Pasar Cihapit.

"Kalau PDIP termasuk Jokowi membangun komunikasi dengan Ridwan Kamil, saya kira itu sangat wajar," ungkapnya.

"Kemudian (kalau, red) dipertimbangkan untuk menjadi salah satu tokoh alternatif untuk jadi cawapres Ganjar itu sangat logis," pungkas Saidiman.