Kapolri Listyo Sigit Ibaratkan Jenderal Idham Azis sebagai Elang Pemimpin
Jenderal Idham Azis (DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut pola kepemimpinan Jenderal Idham Azis selama menjabat kapolri berjalan sangat baik. Bahkan seniornya itu dibaratkan sebagai elang pemimimpin.

Diibaratkannya Jenderal Idham Azis sebagai elang pemimpin karena didasari karakternya. Idham Azis dinilai bertanggungjawab atas semua perbuatan anggotanya.

"Beliau juga merupakan sosok pimpinan yang berani dan bertanggung jawab senantiasa membela dan memperhatikan dan melindungi anggotanya," kata Listyo Sigit dalam sambutannya di Mabes Polri, Rabu, 27 Januari.

Listyo Sigit mengatakan, sebagai elang pemimpin Jenderal Idham Azis tak pernah menujukkan siapa dirinya agar ditakuti. Selain itu, Idham Azis selalu mengutamakan hasil kerja dari pada banyak bicara.

"Elang pemimpin itu tidak perlu melahirkan dirinya seperti burung merak, burung nuri atau pun burung kepodang untuk disegani dan dikenal oleh lawan dan kawan dan ini sejalan dengan pribadi beliau Bapak Idham Azis yang tidak suka melakukan pencitraan dal bekerja. Namun lebih mengutamakan hasil dan kerja nyata," papar dia.

Jenderal Idham Azis sambung Listyo Sigit juga memiliki ketenangan dalam mengambil keputusan. Sehingga, keputusan yang selama ini diambil dinilai sebagai tindakan yang tepat untuk institusi Polri.

"Pemimpin yang punya sense of awareness yang tinggi namun sisi lain kepekaan tersebut diikuti dengan fokus dan ketenangan dalam mengambil setiap keputusan dan tindakan," kata dia.