Jenderal Listyo Sigit Janjikan Polri Bantu Tangani COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah dilantik menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis, Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan langsung menjalankan tugasnya. Salah satunya adalah membantu penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air.

"Kami akan melaksanakan tugas, menghadapi tantangan ke depan yang kita ketahui bersama bahwa saat ini kita sedang menghadapi situasi pandemi COVID-19," kata Listyo dalam jumpa pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 27 Januari.

Dalam menghadapi situasi ini, Listyo lantas berjanji anggotanya bakal menegakkan kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang penting untuk keselamatan masyarakat.

"Kita berusaha melakukan upaya penanggulangan terhadap COVID-19 baik dalam kegiatan-kegiatan yang kita disiplinkan. Penegakan protokol kesehatan harus kita lakukan karena keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi," tegasnya.

Tak hanya berjanji bakal menempatkan keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi, Listyo juga berjanji megawal pertumbuhan ekonomi nasional dengan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sehingga ke depan kegiatan ekonomi bisa segera pulih setelah terdampak COVID-19.

"Polri membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional sehingga kita semua bisa terlepas dari situasi yang ada dan ekonomi bisa bertumbuh dan itu semua bs terlaksana apabila stabilitas kambtimas semua berjalan aman, lancar, dan baik," ujarnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri yang baru menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Pelantikan ini dilakukan di Istana Negara Rabu, 27 Januari pukul 09.30 WIB.

Sebelum sumpah jabatan dilakukan, acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, pembacaan terhadap Keputusan Presiden Nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri dan menunjuk  menunjuk Listyo Sigit sebagai penggantinya dilakukan.

Setelah pelantikan dilakukan, selanjutnya, Mabes Polri bakal menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolri dari Jenderal Idham Azis kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo hari ini.

Penyerahan Panji Polri Tribrata merupakan acara adat di Korps Bhayangkara sebagai penanda jika tongkat komando tertinggi resmi dipegang oleh Sigit.