Ini yang Pertama Dilakukan Komjen Listyo Sigit Setelah Dilantik Presiden Jadi Kapolri
Kapolri terpilih, Komjen Listyo Sigit Prabowo saat jumpa pers (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Mabes Polri bakal menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolri dari Jenderal Idham Azis kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo pada Rabu, 27 Januari.

Sertijab ini dilakukan setelah Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kapolri di Istana Negara pada hari yang sama.

"Kegiatan penyerahan Panji Polri Tribrata dari Kapolri lama ke yang baru. Setelah pelantikan di Istana. Itu kegiatan di internal," ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan, Selasa, 26 Januari.

Penyerahan Panji Polri Tribrata merupakan acara adat di Korps Bhayangkara sebagai penanda jika tongkat komando tertinggi resmi dipegang oleh Komjen Sigit. 

Usai kegiatan itu, nantinya dilanjutkan dengan serah terima Ketua Umum Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari. Dalam hal ini, istri dari Jenderal Idham Azis akan menyerahkan kepemimpinan organisasi itu kepada istri dari Listyo Sigit. 

"Itu ada penyerahan dua organisasi itu ya organisasi Bhayangkari dengan Yayasan Kemala Bhayangkari," kata Rusdi. 

Diberitakan sebelumnya, DPR RI secara resmi telah menyetujui Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri.

Keputusan persetujuan ini diberikan setelah Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni membacakan laporan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang telah dilakukan pada Rabu, 20 Januari kemarin.

"Apakah laporan Komisi III DPR atas hasil uji kelayakan kepada calon kapolri tersebut dapat disetujui?" kata Ketua DPR Puan Maharani yang menjadi pimpinan rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 21 Januari.

"Setuju," jawab anggota dewan yang hadir yang kemudian disambut ketukan palu Puan Maharani.

Tercatat ada 342 anggota dewan yang ikut dalam paripurna, 91 hadir secara luring dan 204 lewat daring. Sedangkan anggota dewan yang tidak menghadiri rapat ini karena izin berjumlah 47 orang.