Sah, Presiden Jokowi Lantik Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri Gantikan Idham Azis
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri yang baru menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun. Pelantikan ini dilakukan di Istana Negara Rabu, 27 Januari pukul 09.30 WIB.

 Sebelum sumpah jabatan dilakukan, acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, pembacaan terhadap Keputusan Presiden Nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang pemberhentian dengan hormat Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri dan menunjuk  menunjuk Listyo Sigit sebagai penggantinya dilakukan.

"Apakah saudara bersedia saya ambil sumpah?" tanya Jokowi sebelum melakukan pelantikan terhadap Listyo.

"Bersedia," jawab Komjen Listyo Sigit.

Kemudian, Presiden Jokowi membacakan sumpah jabatan yang langsung diikuti oleh Komjen Listyo Sigit.

Dalam pelantikan, Presiden Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Selain itu, kegiatan ini juga diikuti oleh Panglima TNI, sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara, dan sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju.

 

Diberitakan sebelumnya, Komjen Listyo Sigit menjadi calon tunggal yang diajukan oleh Presiden Jokowi ke DPR RI.

Setelah pelantikan dilakukan, selanjutnya, Mabes Polri bakal menggelar Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kapolri dari Jenderal Idham Azis kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo hari ini.

"Kegiatan penyerahan Panji Polri Tribrata dari Kapolri lama ke yang baru. Setelah pelantikan di Istana. Itu kegiatan di internal," ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan, Selasa, 26 Januari.

Penyerahan Panji Polri Tribrata merupakan acara adat di Korps Bhayangkara sebagai penanda jika tongkat komando tertinggi resmi dipegang oleh Komjen Sigit. 

Usai kegiatan itu, nantinya dilanjutkan dengan serah terima Ketua Umum Bhayangkari dan Yayasan Kemala Bhayangkari. Dalam hal ini, istri dari Jenderal Idham Azis akan menyerahkan kepemimpinan organisasi itu kepada istri dari Listyo Sigit. 

"Itu ada penyerahan dua organisasi itu ya organisasi Bhayangkari dengan Yayasan Kemala Bhayangkari," tutupnya.