Warga Kanada yang Hilang Kebanggaan Tinggal di Trump Avenue, Kini Mereka Minta Nama Jalan Diganti
Trump Avenue (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Penduduk di sebuah lingkungan di Ottawa, Kanada, tengah berusaha menjauhkan diri dari mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Mereka hendak mengganti nama jalan yang menyandang nama Trump.

Jalan tersebut adalah Trump Avenue, yang berada di sisi barat Ibu Kota Kanada, tepatnya di Central Park. Jalan tersebut dikelilingi dengan rumah-rumah bata, masing-masing dengan garasi dua mobil dan anak-anak bermain hoki di jalan masuk.

Mengutip Straits Times, Rabu, 27 Januari, lingkungan Central Park, yang terkenal dengan nama jalan bertema New York dibangun pada akhir 1990-an, jauh sebelum Trump masuk ke dunia politik. Selain Trump Avenue, ada juga Madison Park, Bloomingdale Street, Manhattan Crescent, dan Staten Way di area tersebut.

"Ketika saya memberi tahu orang-orang bahwa saya tinggal di Trump Avenue dan saya akan menambahkan, 'Ya, Donald yang itu.' Orang-orang akan menyeringai, beberapa memberikan wajah simpati, hal semacam itu," kata seorang warga.

"Tapi sekarang, setelah dia merusak demokrasi, dan menghasut pemberontakan, serangan kekerasan di Gedung Capitol, saatnya mengubah nama jalan kita. Trump tidak pantas mendapatkan kehormatan itu dan saya pikir tidak pantas memiliki jalan yang dinamai dengan namanya di ibu kota Kanada," tambahnya. 

Anggota dewan Ottawa Riley Brockington mulai mengumpulkan dukungan untuk perubahan nama dari orang-orang yang tinggal di jalan tersebut minggu ini. Beberapa penduduk telah mengajukan petisi ke Ottawa selama bertahun-tahun untuk mengubah nama jalan tersebut. Tetapi saat itu Brockington menolak, mengatakan dia takut menyinggung Trump yang menjabat sebagai Presiden AS.

"Saya khawatir bahwa mungkin ada konsekuensi terhadap Kanada, bahwa Trump akan mengambil tindakan hukuman jika tersiar kabar bahwa ibu kota negara Kanada ingin menghapus namanya dari papan nama jalan," kata Brockington.

"Dengan keluarnya dia dari Gedung Putih, saya merasa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencobanya."

Setidaknya 50 persen warga harus menyetujui perubahan nama tersebut untuk proses perubahan yang memakan waktu beberapa bulan. Sebagian besar nama yang bertemakan New York lainnya digunakan di Ottawa. Nama jalan bernomor seperti Fifth Avenue tidak akan digunakan.

"Kami sudah memiliki salah satu dari mereka di Ottawa," kata seorang warga bernama Bowering. "Saya berharap kami berakhir dengan nama yang membuat semua orang senang," pungkasnya.