Bagikan:

JAKARTA - Kebakaran hutan hebat telah melumat rumah warga di Jasper, Alberta, Kanada. Sedikitnya 358 dari total 1.113 bangunan di Jasper telah dilumat si jago merah.

Kota kecil yang dikelilingi pohon besar dan tinggi sekitar 365 kilometer sebelah barat Edmonton, Alberta ini benar-benar dilumat sijago merah.

Mengutip CBC News, pemerintah setempat telah menyediakan bus mulai hari ini untuk evakuasi warga Jasper menjauh dari titik panas api.

Prioritas evakuasi akan difokuskan pada warga yang rumahnya rusak atau hancur. Mereka yang telah mendaftar dalam evakuasi ini tidak akan diizinkan turun dari bus sampai titik evakuasi dari pemerintah.

Pemerintah juga telah merilis peta dan daftar alamat yang menunjukkan sebagian besar kerusakan terjadi di Jasper barat dan selatan Miette Avenue.

Peta dan daftar tersebut berdasarkan pantauan petugas yang turun melakukan pemetaan.

Nantinya data terkait bakal dilengkapi jumlah korban akibat kebakaran hutan ini yang ketinggian apinya mencapai 100 meter pada 24 Juli malam.

Wakil Komandan Insiden Taman Kanada Dean MacDonald mengatakan kebakaran di Jasper dan titik di taman nasional lainnya di Kanada telah menghanguskan sekitar 32.000 hektare dan masih belum terkendali pada Sabtu 3 Agustus waktu setempat.