Bagikan:

JAKARTA - Kebakaran hutan mencapai kota Jasper di Kanada, satu dari ratusan kebakaran yang melanda provinsi barat Alberta dan British Columbia, ketika petugas pemadam kebakaran berjuang menyelamatkan fasilitas utama seperti Trans Mountain Pipeline, kata pihak berwenang.

Kebakaran hutan yang tidak terkendali terjadi di seluruh wilayah tersebut termasuk 433 kebakaran di British Columbia dan 176 kebakaran di Alberta, lebih dari belasan kebakaran terjadi di wilayah Fort McMurray, pusat pasir minyak.

Pipa yang dapat membawa 890.000 barel per hari (bph) minyak dari Edmonton ke Vancouver, melintasi taman nasional di Pegunungan Rocky Kanada dekat kota wisata yang indah, di mana sekitar 25.000 orang terpaksa mengungsi pada Selasa.

“Petugas pemadam kebakaran berupaya menyelamatkan sebanyak mungkin bangunan dan melindungi infrastruktur penting, termasuk instalasi pengolahan air limbah, fasilitas komunikasi, Trans Mountain Pipeline,” kata Parks Canada dalam postingan di Facebook dilansir Reuters, Kamis, 25 Juli.

Operator saluran pipa sebelumnya mengatakan  pihaknya mengoperasikan pipa dengan aman dan telah mengerahkan perlindungan sprinkler sebagai tindakan pencegahan.

Memburuknya kualitas udara memaksa petugas pemadam kebakaran dan petugas lainnya yang kekurangan peralatan pernapasan untuk mengungsi ke kota Hinton, sekitar 100 km (62 mil) jauhnya.