Cegah Penyakit Berbahaya, Petugas KPKP Periksa Kesehatan Hewan Kurban Asal NTB di Kemayoran
Petugas KPKP mengambil sample darah pada hewan kurban/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat memeriksa sejumlah hewan kurban di Jalan Angkasa Blok B, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Hari ini kita periksa hewan kurban di dua tempat. Satu di wilayah Kemayoran dan Menteng untuk memeriksa kesehatan hewan apakah bebas dari antraks," kata Kasudin KPKP Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti kepada wartawan, Selasa, 20 Juni.

Penty mengatakan pemeriksaan ini dilakukan dengan mengambil beberapa sampel dari hewan kurban. Pemeriksaan hewan seperti sapi, kambing dan domba guna memastikan hewan kurban dalam keadaan sehat.

"Pemeriksaan ini terus rutin dilakukan hingga Idul Adha. Saya belum bisa memberikan data lengkap, nunggu pak Wali Kota Jakpus saja nanti," ucapnya.

Di tempat yang sama, Ka'bah mengatakan hewan sapi yang diperdagangkan berasal dari Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Satu sapi dijual dengan harga Rp 15 juta dan dipastikan hewan dalam keadaan sehat.

"Saya bawa 60 sapi, saat ini belum banyak yang terjual. Kalau sapi yang tidak laku nanti dibawa lagi ke Bima," ucapnya.

Sejumlah petugas terlihat mengambil sampel darah dari sejumlah sapi untuk memeriksa kesehatan hewan. Pengambilan sampel darah dilakukan mengambil darah lewat kuping.