Bagikan:

JAKARTA - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur menemukan indikasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada dua sapi saat pemeriksaan.

Kedua sapi yang terindikasi PMK ditemukan di tempat penampungan hewan kurban di Jalan Mabes Hankam, Bambu Apus, Jakarta Timur.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Timur, Theresia Ellita mengatakan, dua hewan kurban yang terindikasi PMK itu langsung diisolasi agar tidak menularkan penyakit pada hewan kurban lainnya.

"Kami terus lakukan monitoring setiap hari untuk memantau perkembangan dari kesehatan hewan tersebut," kata Ellita dalam keterangannya, Selasa, 28 Mei.

Ellita menyebut, saat ini kedua sapi tersebut diberikan obat penurun demam dan vitamin. Petugas juga masih memantau kondisi dua hewan kurban tersebut dalam waktu dua hari ini.

Jika tidak ada perubahan, maka dua hewan kurban ini akan disembelih paksa di tempat dan pemilik sudah menyetujui.

Di satu isi, Ellita mengimbau penjual hewan kurban agar lebih memperketat kondisi kebersihan area tempat penampungan untuk mencegah hal yang tak diinginkan, seperti penyebaran PMK tersebut

"Total ada 141 ekor sapi, 16 kambing dan 17 domba sudah kami periksa. Secara umum kondisi kesehatan hewan kurban sehat, kecuali dua ekor sapi tersebut," urainya.

Dinas KPKP DKI Jakarta memeriksa ribuan hewan kurban yang masuk ke Jakarta jelang Hari Raya Iduladha. Pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban mencakup kondisi fisik dan kecukupan umur di tempat penampungan hewan kurban 5 kota administrasi DKI Jakarta.

Hewan kurban yang diperiksa tersebut didatangkan dari Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DIY, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Selain pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban, petugas juga melaksanakan pemeriksaan dokumen lalu lintas, serta pengawasan terkait kelayakan TPnHK mencakup sarana pemeliharaan seperti atap peneduh, pagar pengaman, kandang karantina dan isolasi.

Diperkirakan, sekitar 63 ribu hewan kurban masuk Jakarta untuk memenuhi kebutuhan perayaan Iduladha, terdiri dari sapi, kerbau, kambing, dan domba.