Kasus Flu Burung Ditemukan, Swedia Musnahkan 1,3 Juta Ayam
Sebuah foto udara menunjukkan petugas kebersihan yang mengenakan pakaian pelindung mengambil ayam yang dimusnahkan di peternakan unggas di mana 3.300 unggas mati karena flu burung ditemukan di Kota Mitoyo (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Setidaknya 1,3 juta ekor ayam di Swedia akan dimusnahkan. Hal ini setelah kasus flu burung ditemukan di sebuah peternakan di wilayah barat daya.

Jenis flu burung H5N5 diketahui muncul di peternakan milik produsen telur terbesar Swedia di dekat Kota Monsteras pada 18 Januari.

"Sayangnya, penyakit ini telah menyebar ke dalam fasilitas, yang menandakan bahwa sebagian besar dari seluruh ternak, sekitar 1,3 juta ekor, akan dimusnahkan dan dibinasakan," kata Dewan Pertanian dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters dari Antara, Selasa, 26 Januari.

Sebelumnya kasus ini juga ditemukan di Jerman pada awal Januari. Mereka juga melakukan hal serupa. Yakni memusnakan binatang unggas. Sekitar 62.000 unggas, yang terdiri atas kalkun dan bebek, akan dimusnahkan.

Flu burung jenis H5N8 dikonfirmasi di dua peternakan di kawasan Cloppenburg, Negara Bagian Lower Saxony, demikian otoritas pemerintah setempat.

Cloppenburg merupakan salah satu daerah produksi unggas ternama di Jerman.

Serentetan wabah flu burung telah dilaporkan di Eropa dalam beberapa pekan belakangan, dengan burung liar diduga menyebarkan penyakit tersebut.

Wabah dilaporkan di sejumlah negara seperti Prancis dan Inggris, bersamaan dengan kasus yang ditemukan di tempat lain di Jerman.

Risiko penularan flu burung terhadap manusia dinilai kecil, namun wabah di masa lalu pada burung peternakan membutuhkan program pemusnahan sebagai langkah pencegahan.