Bagikan:

JAKARTA - Seorang pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diduga melontarkan pelecehan verbal kepada wartawan yang meliput pemeriksaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada hari ini. Momen ini terjadi di gedung KPK C1, Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Awalnya, Syharul keluar dari kawasan gedung KPK C1 dan sudah ditunggu wartawan sejak pagi. Kemudian, wartawan terus berkerumum mengikuti politikus Partai NasDem itu sambil menanyakan proses pemeriksaan penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian.

Pertanyaan terus dilemparkan pewarta hingga Syahrul masuk ke dalam mobil. Saat itulah, seorang pegawai yang ditugaskan melakukan pengamanan justru diduga melakukan pelecehan secara verbal.

"Kalau ini cewek semua, enak e," kata pegawai tersebut di tengah kerumunan pewarta.

Kalimat yang diduga bentuk pelecehan itu kemudian didengar seorang pewarta perempuan dari sebuah online. Dia tak terima dan menegur pegawai tersebut.

"Apa maksudnya, itu pelecehan," ujar pewarta itu.

Pernyataan yang disampaikan pegawai tersebut juga didengar pewarta lainnya. Sementara pegawai itu mengaku tak merasa melakukan pelecehan verbal.

Sontak pernyataan tersebut memicu kemarahan sejumlah pewarta. Mereka juga sempat mengejar pegawai itu untuk meminta pertanggungjawaban.

Peristiwa ini kemudian ditanggapi Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. Dia meminta maaf atas perbuatan pegawai tersebut.

"Pada prinsipnya kami meminta maaf kepada teman-teman, kalau kemudian ada kejadian di luar yang tidak dimungkinkan," tegas Ali.

"Setelah ini kami akan melakukan pertemuan dengan teman-teman jurnalis, kemudian dengan petugas KPK itu sendiri," pungkasnya.