4.000 Pekerja dan 11 Robot Sterilisasi Dikerahkan untuk Membersihkan Masjidil Haram 10 Kali Sehari Selama Musim Haji
Ilustrasi jemaah haji. (Sumber: The General Presidency of the Grand Mosque and the Prophet's Mosque via The National News)

Bagikan:

JAKARTA - Presidensi Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah mengerahkan sumber daya manusia dan teknologi di Masjidil Haram, untuk menyambut dan melayani para jamaah selama musim Haji tahun ini.

Presidensi Umum telah mengerahkan lebih dari 400 pengawas untuk mengawasi operasi lapangan yang dilakukan oleh 4.000 pekerja pria dan wanita, untuk membersihkan Masjidil Haram tidak kurang dari 10 kali sehari, guna memastikan kebersihan dan higienitas situs suci tersebut.

"Sebelas robot sterilisasi pintar, yang mampu beroperasi hingga 8 jam tanpa campur tangan manusia, akan digunakan. Diprogram untuk mensterilkan setiap sudut dan celah Masjidil Haram, robot-robot ini akan didukung oleh 20 perangkat sterilisasi uap kering Biocare untuk mensterilkan udara dan permukaan secara simultan," terang Asisten Presiden Umum untuk Urusan Layanan, Teknis dan Lapangan di Masjidil Haram Mohammed Al Jabri, seperti dilansir dari Gulf News 19 Juni.

Selain itu, alat sterilisasi kabut akan digunakan di area yang sulit dijangkau, dan 600 alat pembersih tangan bebas genggam akan dipasang.

"Beberapa tim akan bekerja untuk mensterilkan Masjidil Haram, halaman luarnya dan toilet dengan menggunakan lebih dari 70.000 liter alat sterilisasi, mengikuti standar kesehatan internasional tertinggi untuk pencegahan lingkungan dan pengendalian epidemi," papar Al Jabri.

Al Jabri mengatakan, persiapan Badan Layanan dan Urusan Lapangan mencakup pengerahan 5.000 kendaraan reguler dan hampir 3.000 kendaraan listrik, yang semuanya dikoordinasikan melalui aplikasi TANAQOL.

Rencana badan tersebut juga mencakup upaya sterilisasi rutin dan mengawasi tugas operator kendaraan, serta memberikan panduan di pintu masuk masjid untuk memperlancar masuknya jemaah.

Ia menyoroti rencana untuk mengelola pintu masuk dan koridor Masjidil Haram, mengatur masuk dan keluarnya jamaah melalui pintu dan eskalator, serta mengarahkan mereka ke area salat yang telah ditentukan.

Upaya-upaya ini akan sesuai dengan rencana operasional yang telah disetujui oleh kepresidenan, untuk memastikan haji yang aman dan memuaskan secara spiritual bagi semua.

Ditambahkan, badan tersebut juga akan menyiapkan dan mendistribusikan 7.000 botol air Zamzam, dengan tambahan 800 pekerja yang siap melayani jemaah di seluruh Masjidil Haram.

Selain itu, 4.500 wadah air Zamzam akan ditempatkan secara strategis di sekitar Masjidil Haram.