Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Arab Saudi menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1444 Hijriah jatuh pada Hari Senin ini, seiring dengan terlihatnya bulan baru saat dilakukan pengamatan, menetapkan puncak Ibadah Haji tahun ini dan Hari Raya Iduladha tahun ini.

"Mahkamah Agung hari ini mengumumkan, Senin, akan menjadi hari pertama Bulan Dzulhijah, menurut kalender Umm al-Qura, bertepatan dengan 19 Juni 2023, karena bulan sabit Bulan Dzulhijjah terlihat hari ini," sebut Mahkamah Agung Hari Minggu, dikutip dari Kantor Berita SPA 19 Juni.

"Mahkamah Agung memutuskan Wukuf di Arafah jatuh pada Hari Selasa, hari kesembilan Bulan Dzulhijah tahun ini, 1444 Hijriah, bertepatan dengan tanggal 27 Juni 2023, dan Iduladha jatuh pada hari berikutnya, yaitu Hari Rabu," sambung pengumuman itu.

Sebelumnya, Arab Saudi telah menyerukan kepada umat Islam di negara tersebut untuk melihat bulan sabit yang dapat menentukan tanggal untuk Iduladha 2023, mengutip ArabianBusiness.

Dewan Tertinggi Kerajaan mengatakan bahwa siapa pun yang melihat bulan sabit, baik dengan teropong maupun dengan mata telanjang, harus menghubungi pihak berwenang yang sesuai di lembaga terdekat.

Bulan baru terlihat di Kota Tumair pada Hari Minggu

Berbeda dengan Arab Saudi, otoritas Brunei Darussalam, Indonesia dan Malaysia telah mengumumkan Hari Raya Iduladha jatuh pada Hari Kamis 29 Juni.