Sebelumnya Menolak, Kini Heru Budi Sebut Transjakarta ke Soetta Bisa untuk Umum
Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono (Diah Ayu-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kini menyebut layanan Transjakarta dengan rute menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bisa dipakai untuk masyarakat umum. Tarifnya pun setara dengan tarif reguler.

Padahal, beberapa waktu lalu, Heru menyebut layanan Transjakarta masuk Soetta diperuntukkan khusus bagi pekerja bandara.

"Iya masyarakat umum. Tarifnya tetap Rp3.500," kata Heru saat ditemui di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Jumat, 16 Juni.

Dengan demikian, tarif bus Transjakarta dengan rute menuju bandara masuk dalam layanan subsidi dari APBD seperti layanan bus reguler lainnya. Heru pun menjelaskan alasannya.

"Ya, bagian dari tugasnya Transjakarta kan melayani penduduk Jakarta," ungkap dia.

Beberapa waktu lalu, Heru menyebut, layanan TransJakarta ke Bandara Soetta tidak untuk masyarakat umum, tetapi hanya pegawai bandara saja.

“Lagi dibahas sama Dinas Perhubungan. Sementara tidak untuk umum, hanya untuk karyawan (bandara) yang mau pulang malam hari,” kata Heru pada Kamis, 8 Juni.

Menurut Heru, keputusan ini ditetapkan sementara selama uji coba layanan. Sedangkan masyarakat umum yang ingin menggunakan transportasi umum ke Bandara Soetta bisa memanfaatkan bus Damri.

"Ya ini uji coba. Kan masih ada Damri dan lain-lain. Nanti disinkronkan," ujar Heru.

Namun, PT Transjakarta berkeinginan agar penambahan rute bus menuju Bandara Soekarno-Hatta bisa digunakan untuk masyarakat umum. Berbeda dengan rencana awal Pemprov DKI yang mengungkapkan rute Transjakarta masuk Soetta khusus pekerja di bandara.

Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta Wibowo menyebut, perusahaan layanan transportasi milik Pemprov DKI ini sejatinya mengoperasikan angkutan yang diperuntukkan bagi masyarakat.

"Pembukaan layanan Transjakarta ke bandara Soekarno-Hatta didiskusikan bersama AP II. Jadi memang Transjakarta adalah perusahaan transportasi publik. Tentu layanan Transjakarta adalah umum. Transjakarta tidak pernah membedakan masyarakat. Semua boleh menggunakan layanan Transjakarta," kata Wibowo dalam pesan singkat, Kamis, 15 Juni.

Rute bus Transjakarta menuju Soekarno-Hatta khusus untuk pekerja bandara akan diuji coba pada awal bulan depan dengan menyediakan 15 bus yang beroperasi setiap harinya.

Pada uji coba ini, bus Transjakarta akan diberangkatkan dari Terminal Kalideres dengan rute langsung menuju Bandara Soetta. Selanjutnya, Pemprov DKI akan mencoba rute alternatif untuk mencari efisiensi perjalanan.