Bus Transjakarta Rute Bandara Soetta Mulai Diuji Coba, Perjalanan 40-45 Menit
Bus Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta mulai diuji coba/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Rute bus Transjakarta menuju kawasan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mulai diuji coba pagi ini. Uji coba dilakukan selama dua pekan

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajarannya menjajal perjalanan ini bersama sejumlah pegawai bandara.

Bus mulai berangkat sejak pukul 07.31 WIB. Ada 18 bus stop yang dilewati Transjakarta non-BRT menuju Soetta ini. Di bandara, bus berhenti di terminal kargo Bandara Soetta setelah perjalanan yang memakan waktu 43 menit.

Bus yang ditumpangi Heru memang dikawal kendaraan petugas Dinas Perhubungan selama perjalanan menuju bandara. Namun, Heru menegaskan lama waktu perjalanan pada bus lainnya tak berbeda jauh.

"Tadi karena dikawal, kecepatannya dikurangi setengah, kita posisinya 30 (kilometer per jam), stabil. Secara umum, kecepatannya bisa sampai 40-50. Sebelum uji coba ini, Dinas Perhubungan sudah uji coba sebelumnya dengan uji umum tidak dikawal dan kecepatan normal, sekitar 40-45 menit lamanya," kata Heru di Bandara Soetta, Banten, Jawa Barat, Rabu, 5 Juli.

Pengoperasian bus Transjakarta rute Terminal Kalideres ke Bandara Soetta hanya terjadwal pagi dan sore hari, yakni pukul 06.00 WIB-09.00 WIB dan pukul 18.00 WIB-21.00 WIB.

Selama pengoperasian itu, terdapat 10 bus Transjakarta yang melayani khusus rute ke Bandara. "Kita lihat perkembangan. Kalau kurang, kita tambahkan," ungkap Heru.

Saat uji coba selama dua minggu ke depan, layanan Transjakarta menuju Soetta belum dipatok tarif atau masih gratis. Pemprov DKI pun belum menetapkan berapa tarif yang bakal dikenakan setelah uji coba selesai dari layanan ini.

"Terkait tarif nanti sedang dihitung sesuai dengan analisa dari rekan-rekan independen. Selama 2 minggu ke depan tarif masih 0 rupiah," urai Heru.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini menegaskan bahwa layanan Transjakarta ke Bandara Soetta diperuntukkan kepada masyarakat umum dan tak khusus hanya pekerja bandara.

"Kalau ditanya melayani siapa? Semua, masyarakat. Tentunya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas, kedua adalah melayani masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya supaya mereka nyaman melakukan kegiatan sehari-hari," jelasnya.

Berikut adalah bus stop yang dilewati bus rute Kalideres menuju Bandara Soetta:

- Halte Kalideres 1

- Pos Polisi Daan Mogot Baru

- Jalan Bedegul

- SMAN 84

- simpang Jalan Peta Selatan

- Sekolah Kairos Garcia

- Jalan Citra Garden VII

- Jalan Alam Raya

- Jalan Rawa Lele

- Jalan Husen Sastranegara 2

- gerbang SHIA 1

- seberang Sowan Wisata Belanja

- Jalan Cengkareng Golf Club 1

- Soewarna Foodhall 1

- Jalan Cengkareng Golf Club 3

- Terminal Kargo 1

- Terminal Kargo 2

- perkantoran Soekarno-Hatta

Berikut adalah bus stop yang dilewati bus rute Bandara Soetta ke Kalideres:

- perkantoran Soekarno-Hatta

- Stasiun KA Bandara

- Imigrasi Soekarno-Hatta

- bundaran kargo

- simpang Rawa Kompeni Raya Perancis

- Jalan Peta Barat

- Masjid Jami' Almarhumah

- seberang Jalan Alam Raya

- seberang Jalan Citra Garden VII

- Jalan Peta Utara

- simpang Jalan Peta Selatan

- SMK Jakarta 1

- Pasar Hari Hari Kalideres

- seberang RS Mitra Keluarga Kalideres

- seberang Heinz ABC Kalideres

- seberang Gang Bali III Kalideres

- Komplek Polri Kalideres

- Halte Kalideres 1