Mendagri Ingatkan Pemda Jaga Stabilitas Politik Jelang Pemilu 2024 
Mendagri Tito Karnavian/DOK via ANTARA HO Kemendagri

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan seluruh pemerintah daerah (pemda) di Tanah Air agar menjaga stabilitas politik di daerahnya masing-masing menjelang Pemilu 2024.

"Terus menjaga stabilitas politik dan keamanan semua daerah karena tahun politik sudah mulai, mesin politik sudah mulai memanas menjelang Pemilu 2024," ujar Tito saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah dilansir ANTARA, Selasa, 4 Juli.

Tito menyampaikan sejumlah imbauan kepada pemda terkait dengan pengendalian inflasi di daerah masing-masing, sebagaimana arahan dari Presiden RI Joko Widodo.

Di antaranya, pemerintah daerah diminta meningkatkan realisasi belanja melalui APBD. Tito mengingatkan pemerintah daerah agar tidak menumpuk penggunaan APBD pada akhir tahun.

"Realisasi belanja APBD ini harus ditingkatkan sesuai target. Jangan dihabiskan menumpuk di akhir tahun supaya ada uang beredar," kata dia.

Terkait dengan realisasi belanja APBD itu, Tito pun mengingatkan pemerintah daerah agar membeli sebanyak mungkin produk dalam negeri. 

"Selanjutnya soal penggunaan produksi dalam negeri, belanja-belanja sebanyak mungkin dari dalam negeri, bukan produk luar negeri," ucap dia. Tito mengimbau pemerintah daerah agar memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat, baik berupa bantuan tunai maupun non-tunai dengan anggaran daerah yang dimiliki.

Mendagri mengatakan pemerintah daerah juga bisa menggalang bantuan masyarakat yang mampu secara ekonomi untuk membantu masyarakat yang tidak mampu.

Tito menyampaikan pengendalian inflasi perlu dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah. Meskipun Bank Dunia menetapkan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi menengah ke atas, Tito mengatakan seperti arahan Presiden Jokowi, semua pihak perlu mewaspadai potensi ketidakstabilan pertumbuhan ekonomi.

Hal itu, kata dia, dapat terjadi karena keadaan lingkungan global yang belum stabil serta ketegangan politik yang masih berlangsung di beberapa negara.