Sudinhub Jakpus Siap Derek Kendaraan yang Parkir Sembarangan di Luar Area PRJ Kemayoran
Ilustrasi kendaraan diderek (Antara-Aprillio Akbar)

Bagikan:

JAKARTA - Masalah parkir liar yang ada di luar area Jakarta Fair 2023 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) Jakarta Internasional Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat masih sulit diberantas dari tahun ke tahun. Kurangnya kantong parkir resmi kerap dimanfaatkan sejumlah oknum untuk mengambil keuntungan dengan menggelar parkir liar kendaraan di bahu jalan umum.

"Harusnya (kendaraan parkir) di dalam (Jiexpo) semua," kata Kepala Seksi Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Sudin Perhubungan Jakarta Pusat, Haryo Bagus Kusuma Dewa saat dikonfirmasi VOI, Rabu 14 Juni.

Sementara Sudin Perhubungan Jakarta Pusat memfokuskan tetap menjaga kelancaran arus lalu lintas di sekitar kawasan JIExpo Kemayoran.

"Kami kan tugasnya terkait dengan lalu lintasnya, jadi kita tetap persiapkan derek sebagai antisipasi adanya parkir liar," ujarnya.

Jika nantinya kembali timbul parkir liar kendaraan roda empat maka akan dilakukan tindakan tegas berupa penderekan.

"Kalau memang nanti ada diskresi dari kepolisian atau dari pihak JIExpo, kita ikut komando dari Kepolisian juga. Kami tetap siapkan 5 unit derek dengan 30 personel untuk mengatur lalu lintas," ucapnya.

Haryo menyebutkan tidak ada penutupan ruas jalan dan rekayasa arus lalu lintas di sekitar kawasan JIExpo Kemayoran hingga Rabu sore ini.

Seperti diketahui, Jakarta Fair 2023 akan mulai melakukan pembukaan pameran terlama dan terbesar se - Asia Tenggara di JI-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu, 14 Juni. Jakarta Fair digelar selama 33 hari, mulai 14 Juni sampai 16 Juli 2023 mendatang.