Bagikan:

JAKARTA - Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Utara merespons keluhan para penonton konser Bruno Mars di Jakarta International Stadium (JIS) soal kemacetan panjang sebelum dan setelah konser berlangsung.

Berbagai keluhan ini disampaikan di media sosial. Selama beberapa jam, kendaraan bermotor tersendat di kawasan Sunter hingga Ancol. Mobil dan motor yang diparkir di sekitar JIS sulit keluar. Banyak juga yang harus berjalan kaki demi keluar dari lalu lintas yang macet.

Kepala Seksi Pengendalian Operasional Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Sudinhub Jakut, Ikhwan Purnama menegaskan, pihaknya sebetulnya telah menyiapkan kantong parkir di kawasan Karnaval Ancol.

Namun, ternyata tak banyak penonton yang memarkirkan kendaraannya di lokasi parkir tersebut. Mereka lebih memilih parkir di kawasan JIS.

"Kalau seandainya mereka mau parkir aja, di sana (Ancol), penonton paham nih, disiplin mereka mau parkir. Padahal pintu parkir dengan pintu ke JIS itu jalan kaki dekat lho. Disayangkan kemarin, lowong banget kosong parkirnya. Padahal kami sudah menyediakan itu," kata Ikhwan saat dihubungi, Kamis, 12 September.

Padahal, Ikhwan mengklaim Sudinhub Jakut telah menurunkan 100 personel untuk mengurai lalu lintas dan mengarahkan penonton agar memarkirkan kendaraan pribadinya di kawasan Ancol.

"Yang menimbulkan kemacetan kan parkir di situ (dekat JIS). Kami sudah gebah, kami sudah halau mereka untuk masuk ke parkir, tapi lagi-lagi kembali," ucap Ikhwan.

Oleh karenanya, demi mengurangi kepadatan lalu lintas saat gelaran konser Bruno Mars berikutnya pada tanggal 13 dan 14 September nanti, Ikhwan mengaku jajarannya akan meningkatkan pengaturan kendataan di lapangan.

"Kami tidak lelah, kami tetap melakukan imbauan, nanti kami kan woro-woro terus mohon untuk tidak melakukan parkir di ini, kami sudah siapkan, ayok ke Karnaval Ancol, gitu. Nanti dengan pengalaman yang kemarin, kami akan arahkan lebih ketat lagi," jelasnya.

Lebih lanjut, Ikhwan juga menyatakan Sudinhub Jakut menyiapkan 10 unit mobil derek yang akan menindak kendaraan-kendaraan penonton konser parkir sembarangan di sekitar JIS.