Penonton Konser Dewa 19 Keluhkan Akses JIS, Jakpro: Jadi Catatan Perbaikan
Konser Dewa-19 di JIS (Foto: Diah Ayu/VOi)

Bagikan:

JAKARTA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) buka suara soal keluhan penonton konser Dewa 19 tadi malam soal akses Jakarta International Stadium (JIS) yang menyulitkan mereka.

VP Corporate Secretary PT Jakpro Syahrial Syarif mengaku pihaknya sebagai pengelola akan menjadikan keluhan para penonton konser sebagai catatan untuk perbaikan.

"Evaluasi secara menyeluruh atas penyelenggaraan konser Dewa segera kami lakukan termasuk keluhan-keluhan yang timbul. Hal ini menjadi catatan kami untuk perbaikan," kata Syachrial dalam pesan singkat, Minggu, 5 Februari.

Diketahui, kapasitas parkir stadion berkelas internasional ini hanya dapat menampung 1.200 kendaraan bus dan kendaraan pribadi. Pada konser semalam, panitia dan pengelola juga tak membuka lokasi parkir di dalam kawasan JIS.

Akses parkir JIS yang terbatas ini menjadi salah satu hal yang dikeluhkan pengunjung. Mereka diharuskan memarkirkan kendaraan yang lokasinya jauh dari area stadion.

Lalu, apakah Jakpro akan memperbaiki kondisi kantong parkir JIS setelah keluhan yang muncul? Syachrial tak menjawab secara gamblang.

"(Soal parkir) masih kita evaluasi," ujarnya.

Gelaran konser Pesta Rakyat 30 Tahun Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS) pada Sabtu, 4 Februari kemaein menjadi peristiwa yang sulit dilupakan para penontonnya. Di balik megahnya penampilan Dewa 19 yang digelar di stadion berkelas internasional ini, ternyata menuai banyak keluhan.

Keluhan penonton konser 30 tahun Dewa19 ramai diungkapkan di media sosial. Keluhan terbanyak warganet adalah soal buruknya akses mobilitas pengunjung keluar-masuk stadion.

Saat konser berlangsung, sejumlah penonton yang memiliki tiket di area tribun tak mendapat kursi untuk duduk. Penonton juga mengeluhkan kualitas sound system yang tidak optimal sampai ke area tribun bagian atas.

Salah satu penonton bernama Fakhri (27) menceritakan pengalamannya kepada VOI. Saat konser selesai pada Minggu, 5 Februari sekitar pukul 00.00 WIB, penonton mulai keluar dari stadion.

Mengingat tak disediakannya kantong parkir di dalam area JIS, terdapat akses parkir lain di kawasan Ancol dan JIExpo Kemayoran. Untuk menunjang akses ke dua lokasi parkir ini, tersedia juga shuttle bus dari JIS menuju lokasi parkir eksternal.

Yang jadi masalah, sempitnya ruas jalan di depan JIS, Jalan Sunter Permai Raya dan sekitarnya membuat kemacetan tak terhindarkan. Kendaraan yang parkir di sekitar area JIS tertahan untuk keluar kawasan tersebut, tak terkecuali shuttle bus yang mengantar penonton ke lokasi parkir.

"Jadi, dari dalam stadion menuju keluar sebenernya cukup lancar alurnya. Tapi, saat ke luar jalan raya, kondisinya macet parah. Di Jalan depan JIS aksesnya sempit. Yang jalan kaki, bahkan sempat enggak bisa bergerak," kata Fakhri, Minggu, 5 Februari.

Baik penonton yang membawa kendaraan pribadi maupun angkutan umum tak terhindarkan dari kemacetan ini. Penonton yang mencoba memesan ojek online pun berkali-kali tak berhasil.

Banyak juga dari penonton yang memutuskan untuk jalan kaki beberapa kilometer dari JIS dan lokasi parkir eksternal. Sebab, shuttle bus yang disediakan juga terjebak kemacetan di area tersebut.

"Saya memutuskan untuk jalan kaki dari JIS ke JIExpo dan mengambil kendaraan yang saya parkirkan di sana. Capek, memang, tapi lebih baik daripada saya menunggu shuttle bus yang penuh diisi penonton dan enggak gerak-gerak karena macet," tutur dia.

Konser Dewa 19 dengan lebih dari 65 ribu penonton itu turut menampilkan sejumlah musisi Indonesia seperti Ari Lasso, Virzha, Ello, Mulan Jameela, The Lucky Laki, Mahadewi, The Virgin, dan Ahmad Dhani Electric Band.

Dalam konsernya, Dewa 19 membawakan lebih dari 30 tembang dari rangkaian album-album terhits Dewa 19 di antaranya adalah "Arjuna", "Risalah Hati", "Pupus", "Kangen", "Sedang Ingin Bercinta", "Cemburu" dan "Cinta Kan Membawamu Kembali".