Sebut Pembicaraan Senjata Nuklir hanya Kebohongan, Khamenei: Kami Tahu Siapa yang Dapat Dipercaya dan Tidak
Ayatollah Ali Khamenei. (Wikimedia Commons/Khamenei.ir)

Bagikan:

JAKARTA - Barat tidak dapat menghentikan Iran membangun senjata nuklir, jika Teheran ingin mengejar program senjata nuklir, kata Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Hari Minggu.

"Pembicaraan tentang senjata nuklir Teheran adalah kebohongan dan mereka (Barat) mengetahuinya. Kami tidak menginginkan senjata nuklir berdasarkan keyakinan agama kami. Jika tidak, mereka tidak akan mampu menghentikannya," kata Khamenei, mengutip Reuters dari media pemerintah 12 Juni.

Khamenei membuat pernyataan itu dalam pertemuan dengan sekelompok ahli nuklir dan pejabat di Teheran pada Hari Minggu.

Dikatakannya, musuh-musuh telah menciptakan tantangan nuklir bagi Iran selama 20 tahun, karena tahu kemajuan industri nuklir adalah kunci kemajuan ilmiah Iran.

Dia berpendapat, industri nuklir penting dalam hal kemajuan dan kemampuan negara dalam bidang teknis, ekonomi, kesehatan, dan bidang-bidang lainnya, karena memberikan prestise kepada negara dan membuat kehidupan yang lebih baik bagi rakyat.

"Industri nuklir penting untuk alasan ini dan juga dalam hal bobot politik global dan internasional negara," ujarnya seperti dikutip dari IRNA.

Ayatollah Ali Khamenei menjelaskan, pihak-pihak yang menentang aktivitas nuklir Iran tidak jujur dalam hal menepati janji-janji. Dia mengatakan, pemerintah yang bernegosiasi dengan Iran atau Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah membuat berbagai janji selama bertahun-tahun.

"Tetapi mereka gagal mematuhi komitmen mereka. Kami telah mengetahui selama 20 tahun terakhir siapa yang dapat dipercaya dan siapa yang tidak," ungkapnya.

Ia menggarisbawahi, Iran harus berusaha menggunakan pengetahuan nuklirnya untuk meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat, menambahkan bahwa teknologi nuklir dapat bermanfaat bagi banyak industri, termasuk perawatan kesehatan, pertanian, lingkungan dan desalinasi.

Ia juga mengatakan, pihak berwenang Iran harus berusaha untuk mengomersialkan layanan dan produk nuklir, sehingga ekonomi Iran mendapat manfaat dari penjualan produk dan layanan nuklir di pasar internasional.