Jadi Tuan Rumah KTT Iklim COP 28, Kepolisian Dubai Luncurkan Mobil Dinas Sport Listrik Buatan Audi
Audi RS e-tron GT Polisi Dubai. (Twitter/@DubaiPoliceHQ)

Bagikan:

JAKARTA - Koleksi armada mobil dinas mewah Kepolisian Dubai, Uni Emirat Arab bertambah, seiring dengan peluncuran mobil sport listrik jelang gelaran KTT Iklim Cop 28.

Itu adalah Audi RS e-tron GT yang diberikan corak Kepolisian Dubai. Mobil itu diperlihatkan kepada publik untuk pertama kalinya pada hari pembukaan konferensi Arabian Travel Market.

Mobil ini akan digunakan untuk berpatroli di berbagai destinasi wisata populer di seluruh kota.

Kendaraan ini merupakan mobil sport pertama di armada Kepolisian Dubai yang sepenuhnya bertenaga listrik, kata seorang anggota kepolisian kepada The National pada saat peresmiannya.

Mobil ini berharga sekitar 110.000 dolar AS dan memiliki kecepatan tertinggi 249 km/jam. Mobil ini dapat mencapai 96,5 km/jam dalam waktu 4,3 detik dari posisi diam.

"Ini istimewa bagi kami karena ini adalah kendaraan sport listrik pertama yang kami miliki," kata Letnan Kolonel Mohamed Ebrahim Al Suwaidi, dilansir dari The National News 1 Juni.

"Anda tidak akan pernah menemukan mobil polisi di jalanan seperti ini sampai sekarang," lanjutnya.

"Mobil ini akan digunakan untuk berpatroli di daerah wisata di mana polisi dapat membantu masyarakat," tandasnya.

Lebih lanjut, mobil ini akan membawa pesan khusus pada pelat nomornya untuk menandakan gelaran KTT Iklim Cop 28 iklim yang terjadi di Dubai akhir tahun ini.

"Plat nomornya adalah 28, yang merupakan singkatan dari Cop 28 yang akan diselenggarakan di Dubai," terang Letnan Al Suwaidi.

Tema Arabian Travel Market tahun ini adalah keberlanjutan, menjadikan konferensi di Dubai World Trade Centre sebagai tempat yang tepat untuk meluncurkan mobil tersebut, katanya.

"Menggunakan kendaraan listrik sangat penting bagi kami, karena hal ini menunjukkan bahwa kami mendukung lingkungan," katanya.

Meskipun tambahan baru ini merupakan kendaraan sport serba listrik pertama yang bergabung dengan armada Kepolisian Dubai, namun ini bukanlah mobil listrik pertama di jajarannya.

Sebelumnya, Kepolisian Dubai telah menerima sebuah SUV Hongqi E-HS9 pada Bulan Oktober tahun lalu.

Diketahui, Kepolisian Dubai memiliki sederet armada supercar yang menjadi kendaraan dinas sehari-hari, meliputi Maserati, Aston Martins, Mercedes hingga Cadillac.

Supercar berwarna hijau dan putih milik Kepolisian Dubai merupakan pemandangan yang biasa terlihat di acara-acara nasional, termasuk Tur UEA untuk para pesepeda, Dubai Marathon dan perayaan serta parade lainnya.

KTT Iklim Cop 28 sendiri rencananya akan diselenggarakan di Expo City Dubai dari 30 November hingga 12 Desember.