Bagikan:

JAKARTA - Presiden Volodymyr Zelensky memuji pasukan Ukraina pada Hari Senin, setelah komandan tertinggi angkatan daratnya mengatakan pasukan negara tersebut terus bergerak maju di dekat Kota Bakhmut yang telah lama diperebutkan di Donetsk utara.

"Saya berterima kasih kepada setiap prajurit kami, kepada semua prajurit kami, pria dan wanita, yang telah memberikan berita yang telah kami tunggu-tunggu hari ini. Kerja bagus, para prajurit di sektor Bakhmut!" kata Presiden Zelensky mengatakan dalam pidato video malam, melansir Reuters 6 Juni.

Kendati demikian, dia tidak memberikan rincian lebih lanjut. Sebelumnya, komandan pasukan darat Ukraina Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi mengatakan, pasukannya terus "bergerak maju" di dekat Bakhmut.

Sementara itu, para pejuang dan pejabat Rusia mengatakan bahwa situasi di sana "sangat sulit" bagi Moskow.

Akhir bulan lalu, Rusia mengklaim telah merebut Bakhmut, setelah apa yang telah menjadi pertempuran terpanjang dan paling berdarah dalam perang ini. Namun, Ukraina bersikeras pasukannya hanya memiliki sedikit pijakan dan membantah bahwa Moskow telah menguasai kota tersebut.

Presiden Zelensky mengatakan, Rusia bereaksi "histeris" terhadap setiap tindakan yang dilakukan oleh pasukan Ukraina dan memilih dua unit yang "dengan terampil, tegas dan efektif mempertahankan posisi kami, menghancurkan penjajah, dan yang terpenting, bergerak maju".

Sebelumnya, militer Rusia mengatakan pihaknya telah menggagalkan dua serangan besar Ukraina terhadap pasukannya di Ukraina timur sejak Hari Minggu.

Tetapi, para pejabat Ukraina tidak menyebutkan adanya kampanye baru yang luas dan signifikan dan menghindari pertanyaan tentang masalah ini pada Hari Senin.