<i>Long Weekend</i>, Sistem Ganjil Genap di Puncak Bogor Berlaku Mulai Rabu Besok hingga Minggu
Ilustrasi ganjil genap di jalur Puncak Bogor (VOI)

Bagikan:

BOGOR - Libur panjang atau long weekend pekan ini, Polres Bogor  menerapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap (gage) bertepatan libur Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023 dan Hari Raya Waisak pada 3 hingga Minggu 4 Juni.

Sementara pada tanggal 2 Juni 2023 ditetapkan sebagai cuti bersama.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto mengatakan penerapan gage sendiri akan di berlakukan sehari sebelum hari libur nasional yakni pada Rabu, 31 Mei besok sore.

"Iya, mulai besok sore kami akan ganjil genap sampai hari Minggu," kata Ardian pada Selasa, 30 Mei.

"Sesuai Permenhub Nomor 84 Tahun 2021 ganjil genap menuju kawasan wisata Puncak diberlakukan satu hari menjelang hari libur nasional,"tambahnya.

Ardian juga memprediksi kepadatan volume kendaraan akan meningkat pada Jumat, 2 Juni 2023 maka akan ada rekayasa lalu linta lainnya yang akan diterapkan.

"Kemungkinan (kepadatan) mulai Jumat sore sampai malam, tapi kami masih melihat situasi. Apabila ada kepadatan kita terapkan one way," tandasnya.

Selain itu, jika volume kendaraan terus meningkat, polisi akan memberlakukan sistem satu arah atau one way secara situasional.

Kata dia, melihat kondisi pada hari libur sebelumnya. Kebijakan satu arah biasanya dilakukan pada pagi hari untuk memprioritaskan kendaraan dari bawah atau Jakarta/Bogor menuju Puncak dan pada sore hari sebaliknya memprioritaskan kendaraan dari atas atau Puncak mengarah ke Jakarta/Bogor.