Memasak 100 Jam, Chef Nigeria Hilda Baci Coba Pecahkan Rekor Dunia Guinness
Chef Hilda Baci. (Instagram/myfoodbyhilda)

Bagikan:

JAKARTA - Chef Nigeria Hilda Effiong Bassey menjadi sensasi nasional setelah memasak tanpa henti selama 100 jam, dalam upaya mencetak rekor dunia Guinness.

Chef, yang dikenal di media sosial sebagai Hilda Baci, mulai memasak pada Hari Kamis pekan lalu dan berlanjut hingga Senin malam, menciptakan lebih dari 55 resep dan lebih dari 100 makanan yang dirancang untuk menampilkan masakan Nigeria terbaik dalam sesi dapur maraton.

Komite rekor dunia Guinness masih harus memastikan, semua kriteria mereka sudah terpenuhi dan apakah Chef Bassey akan menjadi pemegang rekor, dilansir dari CNN 17 Mei.

Menariknya, chef asal India Lata Tondon, pemegang rekor dunia memasak selama 87 jam dan 45 menit pada tahun 2019 yang coba dipecahkan, mengunggah pesan dukungan kepada Chef Hilda.

Bassey mengatakan kepada CNN, dia termotivasi untuk mencoba memecahkan rekor karena dia ingin menempatkan makanan Nigeria di peta.

"Masakan Nigeria adalah yang terbaik di luar sana," katanya.

"Semakin banyak resep yang disebarkan, semakin banyak orang yang mau mencobanya. Makanan Nigeria adalah makanan yang menenangkan," tandasnya.

Meskipun kurang tidur selama memasak di Lagos, Bassey tetap bersemangat dan terlihat menari dan melambai pada penggemarnya yang datang berbondong-bondong untuk mendukungnya.

Presiden Muhammadu Buhari dan beberapa politisi serta selebriti mengucapkan selamat kepada Bassey, seperti mengutip Reuters.

Seorang pria, Uduak Obong, mengatakan, dia melakukan perjalanan bus sepanjang malam, menempuh perjalanan ratusan kilometer untuk tiba di tempat tersebut di Lagos.

"Saya berkendara 12 jam untuk berada di sini untuk mendukung saudara perempuan saya, teman saya. Dia luar biasa," ujarnya.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

Sementara Enioluwa Adeoluwa, seorang tokoh media, yang juga merangkap sebagai MC untuk acara memasak tersebut, mengatakan kepada: "Ketika seorang Nigeria melakukan sesuatu, kami semua keluar untuk menunjukkan dukungan… Kami sangat bersemangat. Dia melakukan pekerjaan yang luar biasa."

Selebriti termasuk musisi Tiwa Savage dan politisi lokal mengunjungi Bassey selama tantangan memasak.

"Dia membuka pintu ke pasar makanan Afrika dan menunjukkan kepada semua pemuda di sini bahwa jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat mencapainya," sebut aktor dan bintang Nollywood Damilola Ogunsi.

Bassey mengatakan kepada CNN, dia hampir menyerah pada hari pertama. Tetapi setelah melampaui rekor sebelumnya, dia memutuskan untuk mencapai 100 jam.

"Hari pertama adalah yang paling sulit. Saya siap menyerah 6 jam. Saya merasa seperti keajaiban terjadi dan entah bagaimana saya melakukannya. Dukungannya luar biasa," ungkapnya.

Diketahui, menu yang dimasaknya campuran hidangan lokal dan asing, mulai dari nasi jollof hingga pasta dan akara, yang terbuat dari tepung kacang.

"Kami mengetahui upaya pencatatan rekor ini dan berharap dapat menerima bukti-bukti untuk ditinjau oleh Tim Manajemen Rekor kami, sebelum kami dapat mengonfirmasi bahwa rekor tersebut resmi," jelas juru bicara Guinness World Records seperti dikutip dari situs resminya.

Para pejabat di tim rekor berharap dapat meninjau bukti-bukti yang ada dan berharap untuk dapat memverifikasi upaya Hilda sebagai rekor baru dalam waktu dekat, kata pihak Guinness.