Hari Ini, KPK Tunggu Kedatangan Wagub Lampung Chusnunia Chalim untuk Klarifikasi Kekayaan
Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunggu kehadiran Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim untuk diklarifikasi kekayaannya pada hari ini, Rabu, 18 Mei. Dia diharap memenuhi pernyataannya yang menyebut siap hadir.

"Kalau kita baca pemberitaan humas di sana atau dari pihak pemprov sudah sampaikan bahwa akan hadir besok (hari ini)," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa, 16 Mei.

Sehingga, komisi antirasuah ingin Chusnunia membuktikan kesiapannya. "Kita tunggu kehadiran dari Wagub Lampung," tegasnya.

Chusnunia diketahui melaporkan kekayaannya secara lengkap pada 2022 untuk periode 2021. Dalam laporan itu, ia punya harta sebesar Rp13,7 miliar.

Rinciannya, dia punya 6 aset tanah dan bangunan di Bandar Lampung, Lampung Selatan, Jakarta Selatan, dan Depok. Total nilai seluruh aset itu mencapai Rp6,887 miliar.

Kemudian, dia melaporkan kepemilikan dua mobil pada tahun 2021 dengan nilai Rp425 juta. Mobil yang Chusnunia terdiri dari Honda Accord 2010 dan Toyota Alphard 2014.

Ia tidak punya harta bergerak lain, surat berharga, utang, maupun harta lainnya, Namun, ia memiliki kas dan setara kas senilai Rp6,35 miliar.

Sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim akan menghadiri undangan klarifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)

Ia mengatakan berdasarkan informasi yang telah diterima Wagub Lampung akan menghadiri undangan tersebut sesuai dengan waktu yang di jadwalkan pada Rabu 17 Mei.

"Beliau akan menghadiri undangan klarifikasi tersebut dengan datang langsung sesuai dengan waktu yang dijadwalkan. Hari ini (Wagub Lampung) sudah berangkat ke Jakarta," katanya.

Dia menjelaskan dalam memenuhi undangan klarifikasi LHKPN oleh KPK tersebut Wakil Gubernur Lampung akan datang secara pribadi tanpa ada pendampingan.