Sejarah Alkitab Berusia 127 Tahun yang Digunakan dalam Pelantikan Joe Biden
Joe Biden saat dilantik sebagai wakil presiden AS 2013 (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Joe Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-46 setelah dilantik 20 Januari. Usut punya usut Biden meletakkan tangannya di atas Alkitab yang sudah ada di keluarganya selama 127 tahun. Panitia pelantikan mengatakan Alkitab setebal lima inci itu merupakan pusaka keluarga.

Seperti diwartakan The Washington Post, Biden yang merupakan seorang Katolik, selalu menggunakan Alkitab yang sama dalam setiap prosesi sumpah jabatan selama karirnya sebagai pelayan publik. Dalam Alkitabnya, terdapat catatan tanggal dari setiap upacara pelantikannya.

Sementara Wakil Presiden AS Kamala Harris menggunakan Alkitab yang dulu sempat dimiliki ikon pejuang hak sipil Rosa Parks. Di Alkitab ini tercatat silsilah keluarga Parks. 

Ketika masih ada di Perpustakaan Kongres, kitab itu berada dalam kondisi rapuh, dan banyak halaman yang sobek. Lalu pada 2015 Alkitab itu direstorasi.

Para pejabat mengatakan Alkitab milik Parks adalah salah satu koleksi langka. Orang-orang mengenal Alkitab ini sebagai 'Alkitab Holman'.

Alkitab yang digunakan dalam upacara pelantikan seringkali memiliki arti khusus. Donald Trump misalnya, ketika dilantik dulu ia menggunakan dua Alkitab. Satu Alkitab pemberian ibunya pada 1955 dan Alkitab yang digunakan Presiden Abraham Lincoln saat pelantikannya.