Warga AS Sambut Presiden Baru dengan Filter Snapchat
Tampilan Joe Biden di filter AR Snapchat (The Verge)

Bagikan:

JAKARTA - Joe Biden dan Kamala Harris resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS). Sayangnya, upacara pelantikan Biden dan Kamala terlihat berbeda dari yang sebelumnya. 

Tak banyak warga AS yang ikut berpartisipasi dan menyaksikan upacara pelantikan Joe Biden. Mengingat pandemi COVID-19 yang masih berlangsung dan ancaman kericuhan beberapa waktu lalu, upacara pelantikan Biden dilakukan secara terbatas.

Mengetahui situasi tersebut, panitia pelantikan Biden telah merencanakan hal baru agar warga AS bisa ikut berpartisipasi. Bekerja sama dengan aplikasi Snapchat, tim pelantikan Biden menghadirkan filter khusus yang bisa digunakan para pendukungnya secara virtual. 

 

Tangkapan layar filter Snapchat (The Verge)

Filter dan foto Snapchat itu nantinya akan ditampilkan secara live saat upacara pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris. Jika pengguna membalikkan kamera, mereka akan melihat Biden dari layar Jumbotron yang menyapa saat pelantikan secara online.

"Hei Snapchat !! Ini aku, Joe. Selamat datang di pelantikan!," ucap Biden dalam video di layar Jumbotron.

Sejatinya filter Snapchat ini memang dibuat untuk kampanye digital yang memanfaatkan teknologi augmented reality (AR). Hal ini memungkinkan warga AS untuk tetap ikut berpartisipasi dalam upacara pelantikan presiden ke-46 tersebut.

"Pelantikan tahun ini memungkinkan kami untuk menciptakan alat baru, inovatif, dan kreatif bagi orang Amerika di seluruh negeri untuk berpartisipasi dalam tradisi dan upacara pengukuhan sambil tetap di rumah untuk menjaga keamanan semua orang," kata Christian Tom, direktur digital untuk komite pelantikan presiden.

Tim Biden sendiri bisa dibilang cukup kreatif dalam memanfaatkan teknologi. Sebut saja ketika mereka menggunakan gim populer Nintendo Animal Crossing: New Horizon untuk menyapa warganya yang harus menjalani karantina mandiri, pada September lalu.

Upacara pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris, juga dimeriahkan sejumlah artis dan penyanyi terkenal seperti Lady Gaga, Jennifer Lopez, Foo Fighter, John Legend, hingga Tom Hanks. #InaugurationDay menjadi trending topic Twitter saat Biden dilantik secara resmi menjadi Presiden AS ke-46 AS.