Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada Hari Minggu, Kyiv dan pendukung Baratnya dapat membuat kekalahan Rusia dalam perang di Ukraina "tidak dapat diubah" pada awal tahun ini, serta berterima kasih kepada Jerman karena telah menjadi "teman sejati" selama kunjungan ke Berlin.

Presiden Zelensky mendapatkan dukungan militer yang besar pada kunjungannya, dengan Pemerintah Jerman mengumumkan bantuan militer senilai 2,7 miliar euro (3 miliar dolar AS) untuk Ukraina pada Hari Sabtu, paket terbesar sejak invasi Rusia pada Februari tahun lalu.

"Sekarang saatnya bagi kita untuk menentukan akhir perang tahun ini, kita dapat membuat kekalahan agresor tidak dapat diubah tahun ini," katanya dalam konferensi pers bersama dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz, melansir Reuters 14 Mei.

Sementara itu, Kanselir Scholz menggarisbawahi, janji Jerman untuk terus mendukung Ukraina selama diperlukan, mengesampingkan pertanyaan tentang ketegangan sebelumnya dalam hubungan bilateral dan mengesampingkan pertanyaan lain tentang harapan Kyiv untuk bergabung dengan NATO.

Jerman, yang merupakan ekonomi terbesar di Eropa, menghadapi kritik pada awal perang atas apa yang oleh sebagian orang disebut sebagai tanggapan yang ragu-ragu, tetapi Jerman telah menjadi salah satu penyedia bantuan keuangan dan militer terbesar di Ukraina.

Diketahui, Ukraina diperkirakan akan meluncurkan operasi kontra-ofensif besar dalam beberapa minggu mendatang, untuk mencoba merebut kembali wilayah timur dan selatannya dari pasukan Rusia.