Bagikan:

JAKARTA - Kronologi bus pariwisata yang tengah parkir tiba-tiba terjun ke sungai di kawasan wisata Guci Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu 7 Mei siang masih menjadi spekulasi. Polisi pun melakukan penyelidikian terkait dugaan anak yang berrmain dan tidak sengaja melepas rem tangan.

Seorang penumpang bernama Muhammad Alwi (52) mengungkapkan bus tengah di parkir dalam kondisi mesin menyala dan kondisi mobil sudah direm. Saat itu para penumpang juga belum sepenuhnya naik ke dalam bus karena saat itu baru persiapan untuk kembali ke Tangerang.

Namun, dirinya melihat meninggalkan bus saat sedang memanaskan mesin untuk kembali ke Tangerang. "Saat kejadian saya di belakang bus dan bus sudah direm termasuk mengganjal ban bus," tuturnya.

Bus tiba-tiba bus terjun ke sungai yang berada tepat di bawah areal parkir hingga posisi akhir terguling di sungai. Menurut saksi saat itu sebagian penumpang sekitar dua puluh orang sudah berada di dalam bus.

Rekaman video amatir warga yang viral di media sosial terlihat bus pariwisata yang tergelincir turun ke bawah hingga tercebur ke dalam sungai yang berada di samping jalan di Desa Rembul, Kecamatan Bojong atau tepatnya di dalam komplek wisata Guci Kabupaten Tegal. Kondisi bus terguling setelah jatuh dari areal parkir. Warganet kemudian ikut berkomentar memberikan kronologis kejadian. "Ijin shere kronologi min," tulis akun @e.nr21.

"Kronologi dari rekan kerja pariwisata, bus rombongan wisata dari Jakarta lagi rest, sebagian penumpang masih di dalam sopir di warung kondisi mesin masih menyala, ada anak kecil yang mainan di bangku supir dan ngelepas rem tangan," ungkap akun tersebut.

"Kabarnya ada bocil (penumpang) yang mainan di jok supir. Supir lagi ngopi di luar bus. Buat pengalaman bagi semua penumpang bus dilarang keras duduk di tempat kemudi, maupun mesin hidup atau mati," tulis akun @anggi.weeng.

"Busnya belum full penumpang min, masih beberapa aja karena posisi bus lagi dipanasin, sembari nunggu sisa rombongan yang masih di luar. Btw, ada beberapa anak kecil di dalam bus yang bermain sampai ke kursi supir," tulis akun @percetakan_online_batang.

Kapolres Slawi AKBP Mochammad Sajarod Zakun mengkonfirmasi kecelakaan bus pariwisata yang masuk ke sungai di sekitar kawasan Objek Wisata Guci, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu siang.

"Ya, ada kecelakaan tunggal. Bukan bus masuk jurang, namun masuk sungai," kata Zakun mengkonfirmasi.

Terkait adanya unsur faktor kesalahan manusia adanya anak yang diduga memainkan tuas rem, Kapolres Sajarod tidak mau berspekulasi.

"Ini kami belum bisa memastikan apakah info itu benar. Berfungsi atau tidak (fungsi rem) masih dicek," katanya.

Polisi telah memasang garis polisi di lokasi kejadian guna memudahkan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara (TKP). Terkait penyebab kecelakaan tersebut, Zakun mengatakan masih perlu penyelidikan lebih lanjut.

Sebanyak 1 orang meninggal dunia dan 31 orang luka-luka. "Ada enam orang selamat," demikian data Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal.