Polisi Belum Bisa Simpulkan Dugaan Rem Tangan Tak Berfungsi Picu Bus Meluncur Jatuh ke Jurang di Guci Tegal
Bus yang masuk jurang di kawasan Guci, Tegal, Jawa Tengah, Minggu, 7 Mei 2023. (Ist)

Bagikan:

JAWA TENGAH - Kapolres Tegal AKBP Mochmmad Sajarod Zakun menjelaskan kronologis kecelakaan bus pariwisata asal Tangerang yang terguling masuk ke jurang di kawasan Guci, Tegal, Jawa Tengah, Minggu, 7 Mei.

Kejadian itu berawal saat bus rombongan itu sedang diparkir di lokasi yang menurun dengan posisi telah direm tangan (hand rem). Namun, tiba-tiba bus pariwisata itu turun ke bawah hingga masuk ke jurang sungai.

Saat ditanya soal dugaan rem tangan yang tidak berfungsi, Zakun mengaku kepolisian belum bisa menyimpulkan. Masih perlu pendalaman dan posisi bus saat ini juga masih berada di jurang.

"Berfungsi atau tidak masih dicek, masih kita dalami ya mengingat bus tersebut masih ada di dalam," ucapnya, Minggu 7 Mei.

Zakun mengatakan saat ini proses evakuasi bus sedang dilakukan. Pengerjaannya baru bisa dimulai saat alat berat untuk mengangkat badan bus itu telah tiba di lokasi kejadian.

"Kita evakuasi tunggu crane kita jadikan ke atas nanti," tuturnya

Dalam kesempatannya, Zakun mengungkapkan ada puluhan orang yang terdampak peristiwa kecelakaan bus pariwisata tersebut.

Dari korban luka-luka dan kritis, satu orang penumpang bus dinyatakan meninggal dunia. Jenazah akan segera dibawa ke rumah duka di Tangerang, Banten.

“Iya jadi dari pihak keluarga korban meninggal dunia ini akan segera dibawa ke rumah duka di Tangerang sana,” tandasnya.