Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyampaikan ada sejumlah partai yang melobi Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk bertemu dirinya. Tak memerinci partainya, namun pertemuan ini dilakukan untuk membahas peluang kerja sama politik di Pilpres 2024.

"Ini memang saya sudah dengar ada beberapa yang sudah meminta, melobi Mbak Puan untuk bisa bertemu. Saya bilang, ya nanti direncanakan. Silakan," kata Megawati seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Sabtu, 6 Mei.

Hanya saja, pertemuan ini harus disesuaikan dengan kesibukan Megawati. Penyebabnya, dia sedang fokus mengurusi pendaftaran calon legislatif dari PDIP hingga menentukan calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

"Kalau tidak diatur, ini mau dateng, ini mau datang, gitu kan saya yang pusing," tegasnya.

"Lho ya internal (PDIP, red) saja kan harus menentukan legislatif. Kita kan bersamaan. Lalu untuk presiden, saya juga punya tugas cari wapres. Saya mikir dulu mana yang didahulukan," sambung Presiden ke-5 RI tersebut.

Lebih lanjut, Megawati memastikan PDIP terbuka bagi partai politik yang ingin menjalin kerja sama di Pilpres 2024. Buktinya, saat ini partai berlambang banteng itu sudah bersama dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk memenangkan Ganjar.

"Nah, kami (PDIP, red), saya sudah memberikan sebuah keleluasaan siapa yang akan istilahnya bersama kita, saya selalu bilang bekerja sama. Ternyata kan itu PPP yang paling pertama," pungkasnya.