Ditugasi Megawati, NasDem Siap Sambut Puan Maharani Bertemu Surya Paloh
Puan Maharani/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem siap menyambut Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh untuk menjajaki kerjasama politik. 

Seiring dengan tugas khusus Puan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk bertemu dengan para ketua umum parpol membahas kerja sama Pilpres 2024. 

"Bagi NasDem, dengan PDIP itu kan memang sahabat kita dalam pemerintahan selama 10 tahun, jadi kerjasama itu bukan hal yang tidak mungkin dalam Pemilu 2024 ini," ujar Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Senin, 27 Juni. 

Menurut Ahmad Ali, selama 10 tahun bersama di pemerintahan NasDem dan PDIP tidak ada sekat untuk bekerjasama kembali di Pemilu 2024. Dia menuturkan selama ini tidak pernah ada permasalahan antara NasDem dengan PDIP. 

"Jadi kalau Mbak Puan memang berkeinginan untuk ketemu Ketua Umum, pasti akan diterima dengan sangat baik," katanya.

Terkait penyataan Surya Paloh soal partai sombong, tambah Ahmad Ali, hak itu hanya sebagai peringatan untuk internal partai. Kata Ahmad Ali, hal itu bukan untuk menyindir PDIP. 

"NasDem tidak pernah merasa bermasalah dengan PDIP dan tidak pernah menyindir atau ada gesekan dengan mereka. Pernyataan (partai sombong) itu kan untuk pengingat bagi internal partai NasDem," jelasnya.

Ahmad Ali pun berharap, pertemuan Puan dan Surya Paloh bisa menghasilkan kerjasama yang baik apabila jadi bertemu. Namun jika tidak, kata dia, agar saling memahami keputusan politik partai masing-masing.

"Syukur-syukur kita bisa bekerjasama, kalau kita tidak bisa bekerjasama, kita bisa saling memahami keputusan itu sehingga kemudian tidak terjadi persepsi yang aneh-aneh gitu. Jadi saling menghargai keputusan masing-masing," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPR Puan Maharani mengaku mendapat tugas khusus dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk bersilahturahmi dengan para ketua umum partai politik. 

Menurutnya, pertemuan tersebut untuk menjajaki hubungan politik, meski Megawati telah bertemu dengan beberapa ketua umum parpol di Istana beberapa waktu yang lalu.

"Kerja sama dengan partai lain kita akan jajaki jadi jangan kemudian, karena belum ketemu sama ketum parpol lain enggak mau kerja sama. Toh, waktu di Istana kan Ibu Megawati bertemu dengan semua ketum parpol lain kan cuma belum sempat bersilaturahmi," ujar Puan di JCC, Jakarta, Sabtu, 25 Juni.

Namun, Puan tidak merinci kapan dan di mana pertemuan dengan ketua parpol akan dilaksanakan. Kata dia, hanya masalah waktu untuk bertemu dengan para ketum parpol. 

"Nanti saya juga ditugaskan dengan Ibu Ketua Umum Partai sebagai Ketua DPR akan bersilaturahmi dengan semua ketum. Kemarin baru selesai rakernas sudah ada acara ini. Ini kan masalah waktu aja. Semua saya temui. Insyaallah," kata Puan.