Viral Biawak atau Buaya di Danau Dufan, Pihak Ancol: Tidak Berbahaya
Tangkap layar video viral buaya atau biawak di danau Dufan

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan seekor biawan muncul di Danau Dunia Fantasi (Dufan). Bahkan hewan itu berenang yang lokasinya tak jauh dari taman bermain water ball.

Video yang diunggah di akun @Bogordailynews, nampak biawak itu berenang di danau Dufan tersebut. Pengunjung pun terheran-heran dengan hewan yang berenang.

“Hewan apakah ini, apakah ini buaya?,” tanya akun itu.

Semantara itu, Humas Ancol Hariyadi Eko Nugroho mengatakan kemungkinan hewan tersebut memang biawak. Karena di tempat itu memang banyak hewan biawak.

“Biawak memang banyak yang hidup liar di Ancol khususnya di sekitar Ecopark, termasuk Dufan,” kata Eko saat dikonfirmasi, Kamis, 4 Mei.

Meski dirinya mengakui di Danau Dufan kemungkinan ada hewan biawak, Eko menyebut hingga saat ini belum ada laporan terkait kemunculan hewan tersebut.

“Jadi memang di danau itu ada bagian yang dijadikan untuk sewa atraksi bola (Water Ball). Sejauh ini nggak ada laporan (kemunculan biawak) ke kami sih,” sambungnya.

Eko Nugroho menerangkan, bila Ancol selain kawasan wisata, juga menjadi tempat tinggal berbagai hewan liar. Selain biawak, ada pula kodok, capung, hingga puluhan jenis burung.

Oleh sebab itu, ia meminta tidak perlu khawatir atas kemunculan biawak tersebut. Sebab, biawak adalah hewan yang cenderung menghindari manusia.

“Satwa ini cenderung menghindari manusia jadi tidak berbahaya," tutupnya.