Bagikan:

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyambut kedatangan ratusan warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Hari Jumat.

"Ada 385 WNI yang tiba dengan penerbangan Garuda Indonesia GA991, terdiri dari 248 perempuan dan 137 laki-laki," kata Menlu Retno dalam keterangan pers di bandara, Jumat 28 April.

Lebih jauh dijelaskan Menlu Retno, ini merupakan tahap pertama kedatangan WNI dari Sudan yang diterbangkan melalui Jeddah, Arab Saudi.

"Mereka akan diinapkan di asrama (Haji Pondok Gede) sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing," jelas Menlu Retno.

"Kemenko PMK akan menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan hingga konseling sebelum pemulangan. Sementara Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sosial dan instansi terkait akan memfasilitasi pemulangan," sambungnya.

Mengenai proses pemulangan WNI selanjutnya dari Sudan, Menlu Retno mengatakan pemulangan tahap kedua akan berlangsung pada 29 April dan tiba 30 April. Sedangan tahap ketiga sekaligus terakhir akan dilakukan pada 30 April dengan menggunakan pesawat TNI AU.

"Per saat ini, tinggal 111 wni yang masih ada di Port Sudan. Hari ini terbang ke Jeddah menggunakan pesawat TNI AU," pungkas Menlu Retno.