Rusia Bangun Posisi Tempur di Sekitar PLTN Zaporizhzhia Ukraina
PLTN Zaporizhzhia. (Wikimedia Commons/Руслан Селезнёв)

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan Rusia telah membentuk "posisi pertempuran dan formasi karung pasir" di atas bangunan yang menjadi tempat reaktor di pembangkit nuklir Zaporizhzhia, demikian peringatan Kementerian Pertahanan Inggris.

Dikatakan citra satelit menunjukkan karung pasir di atas "beberapa bangunan" di pembangkit listrik tenaga nuklir - yang terbesar di Eropa dan salah satu dari 10 terbesar di dunia - di mana pasukan Rusia telah memegang kendali sejak hari-hari awal perang.

Ini adalah indikasi pertama bangunan reaktor telah dimasukkan dalam perencanaan pertahanan menjelang serangan balik Ukraina yang diantisipasi, kata Kementerian Pertahanan dalam pengarahan intelijen hariannya di Twitter.

"Citra menunjukkan bahwa pada Maret 2023, pasukan Rusia telah mendirikan posisi pertempuran karung pasir di atap beberapa dari enam gedung reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia (ZNPP)," sebut pembaruan kementerian, dilansir dari The National News 28 April.

"Rusia telah menguasai ZNPP sejak Maret 2022. Namun, ini adalah indikasi pertama bangunan reaktor sebenarnya diintegrasikan dalam perencanaan pertahanan taktis."

"Rusia kemungkinan telah membangun posisi ini karena semakin khawatir tentang prospek serangan besar Ukraina."

"Langkah tersebut sangat mungkin meningkatkan kemungkinan kerusakan pada sistem keamanan ZNPP jika pertempuran terjadi di sekitar ZNPP," lanjut kementerian.

"Namun, kerusakan bencana langsung pada reaktor tidak mungkin terjadi di bawah skenario yang paling masuk akal yang melibatkan senjata infanteri karena strukturnya diperkuat dengan sangat kuat," tandas pembaruan itu.

Gambar satelit lain yang dikumpulkan oleh Reuters menunjukkan ribuan posisi pertahanan di dalam Rusia dan di sepanjang garis depan Ukraina, yang paling banyak dipertahankan di wilayah Zaporizhzhia selatan dan pintu gerbang ke Semenanjung Krimea.

Sementara itu, parit anti-tank di dekat Kota Polohy di tenggara Ukraina yang diduduki membentang sejauh 30 km. Ini dilengkapi dengan deretan barikade beton "gigi naga". Lebih jauh ke belakang adalah parit pertahanan di mana pasukan Rusia akan diposisikan.

Pertahanan yang terlihat dalam citra satelit yang diambil oleh Capella Space adalah bagian dari jaringan besar benteng Rusia yang menyapu dari Rusia barat melalui Ukraina timur dan terus ke Krimea, dibangun sebagai kesiapan untuk serangan besar Ukraina.

Enam ahli militer mengatakan, pertahanan yang sebagian besar dibangun setelah kemajuan cepat Ukraina di musim gugur, dapat mempersulit Ukraina kali ini dan kemajuan itu akan bergantung pada kemampuannya untuk melakukan operasi gabungan yang kompleks secara efektif.

"Ini bukan angka untuk orang Ukraina. Bisakah mereka melakukan peperangan semacam ini, operasi senjata gabungan?” kata Neil Melvin, seorang analis di Royal United Services Institute (Rusi).

"Rusia telah menunjukkan bahwa mereka tidak dapat melakukannya dan mereka telah kembali ke metode gesekan Soviet lama mereka," tandasnya.

Diketahui, pejabat Ukraina telah berulang kali menuduh pasukan Kremlin menggunakan pembangkit nuklir sebagai pangkalan untuk menembaki wilayah tetangga yang dikuasai Ukraina.

Pada Hari Selasa, pejabat Ukraina melaporkan bahwa tembakan artileri berat Rusia menghantam kota-kota di tepi barat Sungai Dnipro tepat di seberang pembangkit.

Sementara, perusahaan energi Ukraina Energoatom awal bulan ini menuduh Moskow mengubah pabrik itu menjadi "pangkalan militer, menambang di sekelilingnya".

Pembangkit tersebut memiliki enam reaktor, yang semuanya telah ditutup selama setahun terakhir.

"Kita harus melakukan segalanya untuk tidak memberikan kesempatan kepada negara teroris untuk menggunakan fasilitas tenaga nuklir untuk memeras Ukraina dan seluruh dunia," kata Presiden Volodymyr Zelensky dalam sebuah unggahan Telegram minggu ini.