Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto melakukan silaturahmi lebaran dengan mengunjungi kediaman purnawirawan TNI hingga menteri-menteri di pemerintahan Joko Widodo dalam satu hari pada Selasa, 25 April, kemarin.

Silaturahmi Prabowo ini lantas disebut sebagai manuver politik jelang Pilpres 2024, terlebih PDI Perjuangan telah mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres H-1 hari raya Idulfitri. 

Ditambah lagi, Prabowo juga menyambangi kediaman Menko Polhukam Mahfud MD yang belakangan digadang-gadang menjadi calon wakil presiden (cawapres) RI. Keduanya juga menggelar pertemuan tertutup yang diduga membahas soal Pilpres 2024.

Kegiatan Prabowo kemarin diawali dengan berziarah ke makam ayahnya, seorang begawan ekonomi Soemitro Djojohadikusumo di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. 

Dilanjutkan dengan mengunjungi seniornya, Laksamana TNI (Purn) Widodo AS di kediamannya di Kelapa Gading, Jakarta. Prabowo bahkan memberikan hormat dan mencium tangan panglima TNI periode 1999-2002 yang juga Menko Polhukam periode 2004-2009 itu. 

Selain Widodo AS, Prabowo juga menyambangi kediaman Agum Gumelar di Panglima Polim dan A.M Hendropriyono di Patal Senayan, Jakarta Selatan. 

Silaturahmi lebaran Prabowo kemudian berlanjut ke rumah Wapres ke-6 RI, Try Sutrisno di Menteng, Jakarta Pusat. Try Sutrisno menyebut Prabowo sosok yang mengerti kebutuhan rakyat Indonesia. 

"Saya pesankan, kalau beliau mau terus ikut dalam pemilu ini, apalagi mencalonkan jadi presiden, saya pesan Pak Prabowo adalah orang yang sudah lama berjuang, mengerti tentang apa yang dibutuhkan seluruh rakyat Indonesia," kata Try. 

Tak sampai disitu, Prabowo juga bersilaturahmi ke kediaman Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto di kawasan Mampang, Jakarta Selatan. Wiranto menilai, Prabowo adalah capres yang paham masalah bangsa dan geopolitik. 

Paling menjadi sorotan, saat Prabowo berkunjung ke rumah dinas Menko Polhukam Mahfud MD di Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan. Prabowo pun mengundang secara langsung Mahfud MD untuk datang ke Hambalang. 

"Saya minta beliau kasih tausiah di Hambalang," ucap Prabowo. 

Namun keduanya kompak untuk tidak berkomentar mengenai pencapresan. Menurutnya, kunjungan itu hanya silaturahmi di hari lebaran. 

Hal yang sama juga dilakukan Prabowo saat bersilaturahmi ke rumah dinas Menko PMK, Muhadjir Effendy. Muhadjir juga diundang ke Hambalang.