Dorong Wisata, Pemprov DKI Gelar Monas Week dan Pentas Seni hingga 30 April
Pj. Gubernur Heru buka rangkaian Monas Week (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI mengadakan pagelaran Monas Week dan Pentas Seni Monas di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, pada 23 hingga 30 April 2023, dalam rangka mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono membuka rangkaian acara Monas Week yang ditandai dengan atraksi video mapping dengan tagline ‘Jakcation’ #Lebaran2023.

Menurut Heru, Monas Week merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta menggaungkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Apalagi selama libur Lebaran ini, lanjut Heru, banyak wisatawan dari luar daerah mengunjungi Monas.

“Saya tadi menyapa ada yang dari Palembang, Aceh, dan dari daerah lainnya. Malam ini kita berkumpul di Monas karena Dinas Pariwisata DKI Jakarta memberikan pelayanan untuk hiburan masyarakat dalam rangka libur Lebaran. InsyaAllah tahun depan ada lagi, nanti tambah satu atau dua titik lagi,” kata Heru dikutip ANTARA, Senin 24 April.

Pj Gubernur Heru mengimbau masyarakat yang berkunjung ke Monas untuk ikut menjaga tempat wisata, mulai dari kebersihan dan ketertiban untuk kenyamanan bersama.

“Selamat menikmati Monas dan titip jaga kebersihan. Bagi warga yang membawa anak-anak agar diperhatikan dan dijaga. Selamat menikmati malam ini di Monas,” lanjut Heru.

Rangkaian Monas Week mempertontonkan pertunjukan musik khas Idulfitri yang dapat dinikmati pukul 18.30-19.00 WIB. Selanjutnya, pengunjung dapat melihat Air Mancur Menari pukul 19.30-20.00 WIB yang kemudian dilanjutkan pukul 20.30-21.00 WIB.

Untuk acara puncak, yaitu atraksi video mapping dengan tagline "Jakcation" #Lebaran2023 berlangsung dua sesi, yakni pada pukul 20.00-20.30 WIB dan pukul 21.00-21.30 WIB.

Sementara Pentas Seni Monas dilaksanakan di jalur pedestrian sisi barat mulai pukul 08.00-09.00 WIB. Acara bertajuk “Senandung Taman Monas” itu juga dapat dinikmati di loket sisi utara pada pukul 08.00-17.00 WIB. Lokasi selanjutnya adalah di tempat antrean kereta wisata yang berada di sisi selatan pada pukul 08.00-17.00 WIB.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Jakarta, Andhika Permata mengatakan bahwa masyarakat juga dapat mengunjungi Kawasan Kota Tua di utara Jakarta yang telah dipercantik dengan ornamen khas Idul fitri dengan tema “Enlightening Kota Tua”. Terdapat beberapa titik yang dapat dinikmati yang terpusat di Jalan Kali Besar Barat, Kota Tua.

Andhika menuturkan, "Enlightening Kota Tua" merupakan sebuah daya tarik wisata yang menyuguhkan ornamen bernuansa Islami di Kawasan Kota Tua. Pemasangan instalasi lampu hias (spotlight) juga dilakukan untuk memberikan efek cahaya yang estetik.

Andhika melanjutkan, spotlight diatur sedemikian rupa baik intensitas kuat cahaya, warna, dan arah sorot cahaya sehingga menambah keindahan wajah Kota Tua.

"Jangan sampai terlewatkan, karena sensasi berfoto di "Enlightening Kota Tua" sangat cocok untuk feed atau story di media sosial warga. Tentunya akan menambah semarak liburan Lebaran tahun ini. Kegiatan ini merupakan persembahan untuk masyarakat yang berlebaran di Jakarta," tutup Andhika.