Wagub Ingin Pindahkan Lokasi Citayam Fashion Week, Wakil Ketua DPRD Tak Setuju 
FOTO: DOK Instagram zitaanjani

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN, Zita Anjani tak setuju jika lokasi Citayam Fashion Week (CFW) dipindahkan dari zebra cross kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat.

Wacana pemindahan CFW sebelumnya diungkapkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

"Saya enggak setuju (lokasi CFW dipindah). Kenapa? Itu bukan hak kita untuk memindahkan karena ini kan fenomena alami. Kalau mereka yang mau pindah, boleh," kata Zita saat ditemui di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 26 Juli.

Sebenarnya, Zita mengusulkan lokasi CFW juga digelar di kawasan lain seperti area BKT, Jakarta Timur atau PIK, Jakarta Utara. Hanya saja, kegiatan CFW di Dukuh Atas tetap berjalan selang-seling.

"Kita boleh memfasilitasi, misalnya hari Jumat di SCBD (Dukuh Atas), Sabtu di BKT, lalu di PIK, misalnya. Tapi, enggak boleh memaksa, hanya boleh memfasilitasi saja," ujar dia.

Zita menuturkan dirinya sempat mengunjungi dan ikut tampil memamerkan gaya saat CFW bersama remaja "SCBD" (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) pada Sabtu, 23 Juli lalu.

Kesan yang didapat, acara CFW memiliki dua sisi dari segi dampak. Sisi positifnya, ada pertumbuhan perekonomian. Namun, sisi negatifnya, kawasan Sudirman menjadi semrawut.

"Di sana itu ada sisi positif ada negatifnya. Positifnya UMKM-nya tumbuh semua, kedai-kedai kopi, kedai kedai rumah makan, kaki lima, semuanya yang tadinya sepi ramai sekali. Jadi, roda ekonomi berputar," ungkap Zita.

"Tapi ada negatifnya. Memang agak kotor, juga banyak anak di bawah umur. Itu yang jadi catatan. Tapi kita sebagai wakil rakyat itu harus adil memfasilitasi," lanjut dia.

FOTO: DOK Instagram zitaanjani

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memandang saat ini CFW di tempat penyeberangan orang kawasan Sudirman tersebut tidak tepat lantaran jumlah masyarakat yang ikut serta membludak.

"Karena semua antusias luar biasa, orang ingin tahu, lalu jumlahnya membludak. karena jumlahnya membludak, apa yang terjadi? Jadi banyak yang parkir di trotoar, jalur sepeda. kemudian, orang enggak bisa jalan, tertutup," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 25 Juli.

Riza menyebut ada beberapa lokasi yang bisa

usulan pemindahan lokasi CFW datang dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Riza menyebut ada beberapa lokasi yang bisa digunakan para remaja "SCBD" (Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok) untuk menggelar CFW. Di antaranya adalah Monumen Nasional (Monas) dan Taman Lapangan Banteng.

"Saya usulkan bisa saja di Monas, di area plaza selatan tuh, yang baru. Bisa duduk di situ, ada tribunnya. tempatnya luas. Kedua, Taman Lapangan Banteng, itu juga luas dan keren," ujar Riza.

Selain kedua lokasi tersebut, Riza juga melihat kawasan Kota Tua, Senayan, hingga Kemayoran juga bisa menjadi lokasi CFW.

Kini, Pemprov DKI tengah mempertimbangkan lokasi-lokasi yang paling cocok untuk gelaran fashion show tersebut. Masyarakat, kata dia, bisa ikut mengusulkan lokasi lainnya.

"Silakan teman-teman usulkan apa yang lebih keren. Saya mengerti, teman-teman yang di situ maunya tempatnya yang strategis, mudah diakses. Jadi, kita menghargai mengapresiasi, tapi kita tetap akan cari solusi," ujar dia.