Baim Wong Daftarkan Merek Citayam Fashion Week, Wagub DKI: Jangan Main Klaim!
Paula Verhoeven istri Baim Wong berpose bersama Bonge di kawasan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta. (Instagram @paula_verhoeven)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi tindakan Baim Wong dan Paula Verhoven yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM lewat PT Tiger Wong Entertainment.

Pendaftaran hak kekayaan intelektual (HAKI) merupakan hak setiap orang termasuk Baim Wong, namun Riza menegaskan gelaran Citayam Fashion Week merupakan milik masyarakat.

"Itu kan milik publik. Kalau CFW didaftarkan sebagai HAKI oleh Baim Wong, ya itu punya publik. Enggak bisa main klaim-klaim ya. Kita jangan klaim gitu. Itu milik semua," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 25 Juli.

Riza mengungkapkan, ajang tampil gaya yang digelar remaja SCBD alias Sudirman, Citayam, Bojonggede dan Depok ini merupakan kreasi masyarakat yang menembus eksklusivitas dan tidak terbatas pada kalangan atas.

"Biasanya yang namanya fashion itu dikerjakan terbatas oleh orang kelas menengah ke atas. Sekarang fenomena ini berubah, bisa dikerjakan oleh siapa aja. Masyarakat umum, masyarakat sederhana bisa punya kreatifitas. Itu sesuatu yang positif," tuturnya.

Sebagai informasi, dilihat dari Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI), Minggu, 24 Juli, pendaftaran Citayam Fashion Week dilakukan pada pada 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052181.

Selain perusahaan milik Baim Wong dan Paula, Citayam Fashion Week didaftarkan oleh Indigo Aditya Nugroho. Permohonan diterima pada 21 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052496.

Gara-gara ketahuan mendaftarkan HAKI, warganet pun berfikir Baim Wong 'mencuri' ide dari anak-anak muda dari pinggiran kota Jakarta itu. Namun, tak mau berpolemik panjang, Baim pun memberikan klarifikasi melalui Instagram pada Senin, 25 Juli.

"Citayam Fashion Week ini bukan milik saya.... Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam fashion Week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal dan nggak musiman. Dan yang paling penting, bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," tulis Baim.

Memiliki istri seorang model internasional, Baim punya visi untuk serius mengembangkan fashion show jalanan ini. "Kenapa saya tergerak? Berawal semua ini karena istri saya. Karena dia mengerti dunia fashion dan dia melihat Citayam Fashin Week ini adalah gerakan dimana orang-orang sudah memedulikan fashion," tegasnya.

Baim menegaskan sudah melakukan koordinasi dengan inisiator Citayam Fashion Week diantaranya Bong, Roy, Kurmam dan Jeje. Dia meyakinkan jika ada hasil dari visinya, akan dikembalikan pada anak-anak tersebut.