Arus Balik Lebaran 2023, 40 Ribu Pemudik Gunakan Kereta Tiba di Jakarta Hari Ini
Situasi penumoang di Stasiun Senen dan Gambir, Jakarta (Dok. PT KAI)

Bagikan:

JAKARTA -  Sebanyak 40 ribu orang kembali ke DKI Jakarta melalui Kereta Api (KA) Jarak Jauh, usai menikmati liburan mudik Lebaran di kampung halamannya masing-masing. Hal ini dikatakan Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa.

“Mulai 24 April 2023 angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan, secara total pada hari ini terdapat sekitar 40 ribu pengguna yang tiba,” kata Eva dalam keterangannya, Senin, 24 April.

Meski saat ini telah memasuki arus balik, kata Eva, volume penumpang untuk yang berangkat melalui KA di Stasiun Gambir dan Stasiun Senen masih terhitung tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh tingkat okupansinya mencapai 90 persen.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

“Hari ini terdapat sekitar 23.400 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi, Sementara untuk Stasiun Gambir volume penumpang berangkat hari ini mencapai sekitar 14.600 dengan layanan 38 KA beroperasi,” ucapnya.

Oleh sebab itu, ia mengingatkan kepada para penumpang yang ingin para mudik untuk selalu memperhatikan barang bawaan dan jadwal keberangkatan kereta apinya.

“Mengingatkan kalau kita melihat data pemesanan masih cukup tinggi sampai 25 April besok, bagi yang mau berangkat mohon perhatikan barang bawaan, sesuai dengan ketentuan bahwa tidak boleh  (barangnya-red) melebihi 20 kilogram,” tutupnya.