Bagikan:

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat melakukan pengaman mudik hingga H+7 Lebaran di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir.

"Pengamanan direncanakan sampai H+7. Namun kita tentunya melihat volume arus balik yang nantinya akan kembali, sekiranya memang di H+7 sudah dikatakan normal, tentunya pengamanan kita normalkan kembali," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dikonfirmasi, Selasa, 25 April.

Pengamanan arus mudik Lebaran terus dilakukan personel gabungan 3 pilar di kawasan Stasiun Pasar Senen pada H+3 Lebaran. Hingga kini, belum terlihat lonjakan penumpang arus balik pemudik secara signifikan.

"Sekiranya nanti H+7 masih ada lonjakan penumpang yang tinggi, tentu akan kita perpanjang lagi (pengamanan mudik lebaran)," ujarnya.

Kombes Komarudin menyebutkan, konsep pola pengamanan akan dilakukan secara maksimal demi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Intinya konsep pengamanan akan kita berikan maksimal untuk membantu saudara - saudara kita yang akan kembali dari kampung nanti," katanya.

Sebelumnya diberitakan, hari ketiga pasca Lebaran, jumlah arus balik pemudik penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang tiba di area Daop 1 Jakarta mencapai 42 ribu penumpang pada Selasa, 25 April.

"Mayoritas penumpang yang tiba di Jakarta berasal dari Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo dan Malang," kata Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, Selasa, 25 April.