Laris Manis, Tiket Kereta Api Jarak Jauh Ludes Diborong Pemudik untuk Berlebaran
Ilustrasi (Foto: Dok. KAI)

Bagikan:

JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) melaporkan bahwa penjualan tiket KA Jarak Jauh dari Jakarta telah terjual 100 persen menjelang Hari Raya Idulfitri.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen sudah habis untuk keberangkatan sampai H-1 Lebaran dengan rata-rata 21.140 pelanggan perhari. Sementara dari stasiun Gambir tiket sudah habis sampai H-2 dengan rata-rata 21.140 pelanggan perhari.

“Untuk tiket pasca lebaran dari Jakarta ke berbagai daerah rata-rata okupansi masih 34 persen,” ujarnya dalam keterangan pers pada Minggu, 30 April.

Menurut Joni, volume pelanggan KA jarak jauh pada H-4 yaitu 114.837 pelanggan (96 persen okupansi), H-3 sebanyak 126.398 pelanggan (104 persen okupansi), dan H-2 sebanyak 120.396 pelanggan (99 persen okupansi).

“Sejauh ini volume tertinggi pada H-3 Lebaran dengan volume 126.398 pelanggan dengan rute-rute favorit yaitu dari Jakarta ke Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, dan lainnya,” tuturnya.

KAI sendiri akan mengoperasikan 214 perjalanan KA pada H-3, naik 5 persen dibanding H-10 sebanyak 204 perjalanan KA. Lalu, kapasitas tempat duduk yang disediakan juga meningkat 6 persen menjadi 121.759 tempat duduk.

“Kesiapan lainnya yang KAI lakukan dalam rangka melayani pelanggan pada masa puncak arus mudik ini yaitu dengan terus menyiagakan petugas posko untuk pelayanan dan pengamanan baik dari internal maupun eksternal,” tegas dia.

Joni menghimbau kepada para pelanggan untuk dapat mengatur waktu kedatangan di stasiun agar tidak terjadi penumpukan dan menjaga protokol kesehatan selama perjalanan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan untuk kembali ke kampung halaman pada masa mudik Lebaran tahun ini,” tutup Joni.