Jokowi Imbau Pemudik Hindari Puncak Arus Balik Lebaran 24-25 April
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Dok: Setneg)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat untuk menghindari kembali ke tempat asal,  setelah melakukan mudik Lebaran 2023 pada 24-25 April 2023.

Pasalnya, pada tanggal tersebut diperkirakan merupakan puncak arus balik, sehingga akan terjadi penumpukan kendaraan dari arah timur tol Trans Jawa dan Bandung menuju Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin 24 April.

Jokowi menyatakan Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah kendaraan pada puncak arus balik yang melewati tol Cikampek mencapai 203.000 unit kendaraan, sedangkan jumlah normal kendaraan yang melintas tol tersebut hanya 53.000 unit.

Untuk memecah penumpukan kendaraan di tol Cikampek, Jokowi mengimbau pemudik yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk menunda kepulangan hingga 26 April 2023.

Imbauan tersebut berlaku untuk ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN dan swasta.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, termasuk peran masyarakat, yang telah membuat puncak arus mudik pada Lebaran 2023 berjalan dengan baik dan lancar.

"Puncak arus mudik tertinggi dalam sejarah beberapa hari yang lalu dapat kita lalui dengan baik dan lancar," kata Jokowi.